Cara Menginstal Custom ROM di HP Xiaomi Xiaomi Redmi Note Series

  • Bagikan
Cara Menginstal Custom Rom Di Hp Xiaomi Xiaomi Redmi Note Series
Cara Menginstal Custom ROM di HP Xiaomi Xiaomi Redmi Note Series

Cara Menginstal Custom ROM di HP Xiaomi Xiaomi Redmi Note Series. Menginstal Custom ROM pada HP Xiaomi Redmi Note Series memiliki beberapa langkah yang perlu diikuti.

Namun, perlu diingat bahwa menginstal Custom ROM dapat membatalkan garansi dan berpotensi merusak perangkat jika tidak dilakukan dengan benar.

Pastikan Anda mengikuti panduan ini dengan hati-hati dan pada risiko Anda sendiri.

Cara Menginstal Custom ROM di HP Xiaomi Xiaomi Redmi Note Series

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk Cara Menginstal Custom ROM di HP Xiaomi Xiaomi Redmi Note Series

Catatan Penting: Sebelum memulai, pastikan Anda membuat cadangan data penting Anda dan pastikan baterai ponsel Anda memiliki daya yang mencukupi atau tersambung ke sumber daya yang stabil.

1. Unlock Bootloader

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka kunci bootloader pada perangkat Anda

Caranya, kunjungi situs resmi Xiaomi untuk memperoleh panduan penuh dan instruksi tentang cara membuka kunci bootloader perangkat Anda.

Perhatikan bahwa membuka kunci bootloader akan menghapus semua data yang ada di perangkat.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Redmi Note Blank Hitam Secara Tiba-tiba

2. Install TWRP Recovery

Setelah bootloader sudah terbuka, langkah Cara Menginstal Custom ROM di HP Xiaomi Xiaomi Redmi Note Series adalah menginstal TWRP (Team Win Recovery Project) Recovery pada perangkat Anda.

TWRP adalah custom recovery yang penting untuk menginstal Custom ROM. Unduh file TWRP Recovery yang sesuai untuk perangkat Xiaomi Redmi Note Series Anda dari situs resmi TWRP atau forum Xiaomi.

TWRP dapat diinstal melalui ADB dan Fastboot atau melalui aplikasi seperti “Official TWRP App” yang tersedia di Google Play Store.

3. Download Custom ROM

Setelah berhasil menginstal TWRP Recovery, langkah Cara Menginstal Custom ROM di HP Xiaomi Xiaomi Redmi Note Series adalah mengunduh Custom ROM yang ingin Anda gunakan. Pastikan Custom ROM yang Anda pilih kompatibel dengan model dan seri Xiaomi Redmi Note Anda.

Custom ROM biasanya dapat diunduh dari forum pihak ketiga seperti XDA Developers.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Redmi Note Tidak Terbaca Di Komputer Windows

4. Transfer Custom ROM ke Perangkat

Setelah mengunduh Custom ROM, salin file ROM tersebut ke penyimpanan internal perangkat Xiaomi Redmi Note Anda.

5. Masuk ke Mode Recovery

Matikan perangkat Anda. Kemudian, tahan tombol Volume Atas dan Tombol Daya secara bersamaan untuk masuk ke “Mode Recovery”.

Dalam TWRP Recovery, Anda akan melihat antarmuka layar sentuh khusus yang memungkinkan Anda melakukan berbagai tindakan dan instalasi.

6. Buat Cadangan (Backup)

Sebelum menginstal Custom ROM, sangat penting untuk membuat cadangan (backup) data Anda di TWRP Recovery. Pilih opsi “Backup” dan centang partisi sistem, data, dan lainnya yang ingin Anda cadangkan.

Baca juga: Cara Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik di HP Xiaomi Redmi Note setelah Root

Cadangan ini akan berguna jika Anda perlu mengembalikan perangkat ke keadaan semula.

7. Wipe (Pembersihan)

Setelah membuat cadangan, Cara Menginstal Custom ROM di HP Xiaomi Xiaomi Redmi Note Series selanjutnya kembali ke menu utama TWRP dan pilih opsi “Wipe” untuk membersihkan partisi sistem, cache, dan data.

Pastikan Anda tidak menghapus partisi Internal Storage (penyimpanan internal), kecuali Anda ingin menghapus semua data di dalamnya.

8. Instal Custom ROM

Kembali ke menu utama TWRP, pilih opsi “Install” dan arahkan ke file Custom ROM yang telah Anda salin ke penyimpanan internal perangkat pada langkah 4. Pilih file tersebut dan “Swipe to Install” untuk memulai proses instalasi Custom ROM.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Xiaomi Redmi Note Bootloop 100% Berhasil

9. Reboot

Setelah proses instalasi selesai, pilih opsi “Reboot” dan izinkan perangkat untuk memulai kembali. Ini akan memulai perangkat dengan Custom ROM yang baru diinstal.

Catatan: Langkah-langkah tersebut hanya memberikan gambaran umum tentang cara menginstal Custom ROM di Xiaomi Redmi Note Series.

Pastikan untuk merujuk kepada sumber resmi, forum pengguna, atau panduan yang kompatibel dengan model dan seri perangkat Xiaomi Redmi Note Anda untuk panduan yang lebih spesifik dan terperinci.

Saya sarankan Anda melakukan penelitian mendalam, membaca tanggapan komunitas dan mengikuti panduan resmi produsen atau perusahaan yang memproduksi Custom ROM sebelum melanjutkan dengan menginstal Custom ROM.

Selalu ingat bahwa melakukan Cara Menginstal Custom ROM di HP Xiaomi Xiaomi Redmi Note Seriesmemiliki risiko dan dapat membatalkan garansi perangkat.

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di bysnis.com dengan cara Follow BYSNIS di Google News

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *