Bisnis  

Cara Bisnis dan Peluang Perdagangan Ternak Ayam di Desa

Cara Bisnis Dan Peluang Perdagangan Ternak Ayam Di Desa
Danganhfoto - Cara Bisnis dan Peluang Perdagangan Ternak Ayam di Desa

Menjadi orang tua adalah hal yang menyenangkan. Selain untuk menghilangkan stress karena dianggap sebagai hobi bagi sebagian orang, beternak juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis. Ternak yang dijadikan lahan komersial tidak pernah mati. Cara Bisnis dan Peluang Perdagangan Ternak Ayam di Desa.

Hewan ternak masih menghiasi kebutuhan konsumsi setiap orang. Dan kebutuhan konsumsi hewani meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Salah satu ternak yang banyak di minati untuk di konsumsi adalah ayam.

Dari berbagai jenis ayam tersebut, ayam kampung menjadi primadona bagi semua lapisan masyarakat. Untuk itu peluang usaha peternakan ayam kampung menjadi alternatif yang tepat bagi anda untuk menjadikan usaha anda sebidang tanah.

Cara Bisnis dan Peluang Perdagangan Ternak Ayam di Desa

Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai membuka peluang usaha peternakan ayam:

1. Memiliki modal yang cukup

Modal adalah hal terpenting untuk memulai bisnis apa pun. Untuk beternak ayam, modal awal yang Anda miliki di gunakan untuk membeli berbagai kebutuhan beternak ayam. Seperti pembelian produk untuk membuat kandang, bibit ayam kampung, pakan ayam kampung dan perlengkapan lainnya yang menunjang usaha peternakan anda.

Anda harus mengelola semua modal yang Anda miliki dengan kemampuan terbaik Anda. Besarnya modal tidak menjadi masalah. Padahal semakin besar modal akan memudahkan bisnis Anda. Namun modal utama dalam berbisnis adalah keuletan dan pantang menyerah. Jadi pintar-pintarlah mengelola modal yang Anda miliki.

Baca juga : Pertanda Makna Ayam Cemani Mati dan Tidur

2. Siapkan lokasi kandang

Kandang adalah sesuatu yang juga harus diperhitungkan. Jika Anda memelihara ayam untuk bisnis Anda, siapkan lahan yang cukup untuk menampung ternak Anda. Sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu dekat dengan masyarakat.

Tujuannya agar bau kotoran ayam tidak mengganggu masyarakat sekitar. Dan untuk kandang ayamnya sendiri, buat sesuai kebutuhan.

Usahakan agar pintu kandang menghadap matahari, agar kandang tidak lembap. Selain itu, selalu periksa kebersihan kandang agar ayam tetap nyaman dan sehat.

3. Tahu cara beternak ayam kampung

Cara Bisnis dan Peluang Ternak Ayam di Kampung. Sebagian besar cara beternak ayam kampung adalah dengan melepaskan ayam kampung dari kandang dan mencari makan sendiri di alam bebas. Cara ini bertujuan untuk menekan biaya pakan ayam.

Cara ini biasa disebut dengan cara umbaran dan biasanya dilakukan oleh para petani di pedesaan yang memiliki lahan yang luas. Meski demikian, kandang tetap berfungsi sebagai tempat berteduh ayam pada malam hari atau saat hujan.

Dan cara lainnya adalah cara semi intensif. Ayam masih bisa leluasa bergerak keluar kandang, namun ruang gerak ayam terbatas, tidak seluas dengan metode gendongan. Tujuannya untuk meminimalisir energi ayam yang keluar, sehingga produktivitas daging ayam meningkat.

Baca juga : Cara Usaha Ternak Ayam Potong Broiler untuk Pemula

4. Pantau Kondisi Ayam

Cara Bisnis dan Peluang Ternak Ayam di Desa dengan memantau kondisi ayam. Pastikan untuk selalu memantau kondisi ayam. Sering-seringlah memeriksa kesehatan ayam. Vaksinasi ayam secara berkala agar ayam tidak menularkan virus dan aman untuk dimakan.

Berikan antibiotik dan vitamin serta campurkan dengan pakan ayam, hal ini untuk menjaga imunitas dan produktivitas ayam.

Jangan lupa cek ketersediaan ayam yang bisa diminum dan ketersediaan listrik. Dan beri perhatian khusus pada anak ayam agar hewan lain seperti tikus tidak memakannya.

5. Strategi Pemasaran

Pemasaran adalah apa yang diperlukan untuk Bisnis dan Peluang Ternak Ayam Anda menguntungkan. Perlu dicatat bahwa ayam kampung, baik daging maupun telur, sangat diminati.

Dari segi harga, harga ayam kampung dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan ayam ras broiler lainnya. Dan telur ayam kampung banyak dicari untuk campuran herbal.

Dengan ini tentunya target pemasaran produk ayam kampung lebih luas dan variatif. Untuk pemasaran, Anda bisa mulai menawarkan kepada keluarga, teman, atau tetangga.

Dan karena perkembangan zaman, tentunya jejaring sosial akan sangat bermanfaat. Maka ada baiknya mencoba bekerjasama dengan restoran, katering dan penjual jamu tradisional.

Baca juga : Arti Mimpi Di patuk Ayam Kalkun Tentang Pengorbanan

6. Lakukan dengan serius

Bisnis memang sesuatu yang bisa menghasilkan uang yang menggiurkan jika dilakukan dengan serius.

Tetap bertekad untuk menemukan cara yang efektif untuk merawat ternak Anda. Jangan malu untuk bertanya kepada seseorang yang lebih berpengalaman.

Dengan banyaknya pertukaran pengalaman, peluang bisnis peternakan ayam kita akan semakin luas. Kami akan memiliki kesempatan untuk memiliki hubungan yang dapat menghubungkan kami dengan orang-orang yang membuat bisnis kami lebih menguntungkan.

Itulah ulasan tentang membuka peluang usaha peternakan ayam kampung yang bisa anda terapkan dan kembangkan kemampuan bisnis anda. Jangan pernah takut untuk memulai bisnis. Dan semoga beruntung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.