Tips Berkendara Mobil Irit BBM Terbaru 2022

Tips Berkendara Mobil Irit Bbm
Tips Berkendara Mobil Irit BBM

BYSNIS.COM – Tips Berkendara Mobil Irit BBM. Memiliki kendaraan yang irit atau irit bahan bakar memang menjadi dambaan bagi para pengguna kendaraan.

Pemilik kendaraan akan mencari cara untuk menggunakan mobilnya agar lebih hemat bahan bakar.

Selain kenaikan harga bahan bakar, ketersediaan bahan bakar di Indonesia semakin berkurang karena penggunaan yang berlebihan saat ini, sehingga kita harus menghematnya.

Tips Berkendara Mobil Irit BBM

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat mobil jadi irit, lho. Dengan mengikuti cara di artikel ini, setidaknya Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk pembelian BBM.

Penasaran bagaimana? Berikut Tips Berkendara Mobil Irit BBM:

1. Ikuti batas kecepatan kendaraan

Tips Berkendara Mobil Irit BBM pertama yang dapat Anda lakukan adalah mobil yang efisien adalah mengikuti batas kecepatan. Mengemudi di batas kecepatan dapat membantu Anda menghindari penggunaan bahan bakar yang terlalu banyak.

Kendaraan yang melebihi batas kecepatan tentunya akan boros bahan bakar. Mengikuti batas kecepatan, seperti 60-80 km per jam, akan membuat bahan bakar lebih irit.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan Yang Menguntungkan

2. Jaga agar mesin tetap hidup

Tentu saja, berkendara dengan kecepatan mesin rendah dapat membuat kendaraan Anda lebih hemat bahan bakar.

Putaran mesin yang rendah akan membuat kendaraan lebih irit bahan bakar, dibandingkan dengan menjalankan mesin dengan kecepatan tinggi atau RPM diatas 2000.

Agar mobil anda lebih irit bbmusahakan setel putaran mesin secara ideal agar tidak menyedot bahan bakar terlalu banyak.

3. Gunakan transmisi yang benar

Mengemudi dengan transmisi yang benar akan menyebabkan konsumsi bahan bakar bbm tidak berlebihan Gunakan gigi yang benar, seperti posisi S atau L pada transmisi otomatis saat menanjak atau gigi 1 atau 2 pada mobil dengan transmisi manual.

Menggunakan gigi yang tidak tepat, seperti gigi rendah terus menerus atau gigi tinggi saat berkendara di jalan berbukit, menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

4. Memaksimalkan pengereman mesin

Cara lain untuk lebih menghemat bahan bakar adalah dengan memaksimalkan engine brake saat ingin memperlambat saat berkendara.

Cara ini akan mengharuskan pemilik kendaraan untuk mengetahui medan yang akan dilalui dan merencanakan waktu terbaik untuk mengurangi kecepatan mesin.

Hal ini berguna untuk mengurangi penggunaan rem yang digunakan secara mendadak agar tidak membuang tenaga lebih pada mesin.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan Yang Menguntungkan

5. Pertahankan kecepatan kendaraan

Tips Berkendara Mobil Irit BBM bisa mengatur kecepatan kendaraan dengan berlatih terlebih dahulu agar tidak bergerak terus-menerus, seperti menginjak pedal gas secara tiba-tiba hingga penuh.

Menyetel gas secara bertahap adalah solusi untuk mencapai akselerasi yang diinginkan dan bahan bakar tidak terbuang percuma.

Berkendara dengan hati-hati dan sembrono dapat membantu membuat kendaraan Anda lebih irit. Selain mengikuti tips dan trik agar mobil anda irit. Anda harus mengecek kendaraan secara berkala agar pembakaran bahan bakar di mesin tidak berlebihan.

Itulah informasi singkat tentang Tips Berkendara Mobil Irit BBM.

Penulis: MiftakhurrohmanEditor: Rohman