AkunIndeks

Perbedaan RAM dan ROM Saat Beli HP dan Laptop

  • Bagikan
Perbedaan RAM dan ROM Saat Beli HP dan Laptop

BYSNIS.COM – Sebelum membeli perangkat, baik itu ponsel atau laptop, kapasitas RAM atau ROM menjadi salah satu kriteria spesifikasi. Perbedaan RAM dan ROM Saat Beli HP dan Laptop?

Perbedaan RAM dan ROM

Kita selalu mendengar dua nama ini ketika kita berbicara tentang ponsel, serta laptop. Sangat jelas untuk membedakan keduanya ini.

Apa itu ROM?

RAM dan ROM adalah jenis memori yang digunakan pada perangkat sistem, yaitu perangkat yang dapat melakukan proses komputasi, seperti ponsel dan laptop. Jadi mana yang paling penting?

Baik RAM maupun ROM sama pentingnya karena memiliki fungsi dan kemampuan yang berbeda untuk membantu fungsi perangkat. Perangkat sistem, seperti ponsel dan laptop, yang saat ini menjadi primadona di pasar teknologi informasi, dapat bekerja jika memiliki kedua memori tersebut.

Apa itu RAM?

RAM atau Random Access Memory adalah memori untuk perangkat komputasi. RAM memiliki kemampuan untuk menyimpan data yang dapat andaakses secara acak terlepas dari urutan penempatan data.

Memori ini merupakan media penyimpanan yang dapat anda gunakan untuk menyimpan data secara real time pada saat CPU (Processing Unit) menjalankan aplikasi atau program pada komputer atau handphone. Saat sebuah aplikasi atau program sedang berjalan, informasi secara aktif berubah, sehingga membutuhkan RAM untuk menyimpannya.

RAM adalah media yang berfungsi sebagai memori utama perangkat, meskipun dalam beberapa kasus dapat anda gunakan sebagai memori sekunder. Dan untuk mendukung kemampuan tersebut, RAM umumnya berkembang menjadi read atau writeable.

Apa itu ROM?

Berbeda dengan RAM, ROM memiliki singkatan dari kata Read-Only Memory, yang berarti memori yang hanya dapat membaca di komputer atau perangkat mobile. Seperti namanya, memori perangkat jenis ini adalah memori permanen, di mana kita tidak dapat dengan mudah menulis data, tetapi kita dapat dengan mudah membacanya.

Memori permanen ini juga mampu menyimpan data lebih lama, karena data yang tersimpan di ROM tidak akan hilang meski perangkat tidak dihidupkan. Dengan kemampuan ini, ROM umumnya digunakan untuk menyimpan firmware atau BIOS.

Itulah perbedaan RAM dan ROM yang sering kita dengar ketika kita membeli handphone, smartphone dan laptop, berikut penjelasannya

ram rom
Penulis: BysnisEditor: Bysnis editor
  • Bagikan
Exit mobile version