AkunIndeks

Kerja Sampingan Anak Kos Mahasiswa di Perantauan

  • Bagikan
Kerja Sampingan Anak Kos Mahasiswa di Perantauan

BYSNIS.COM – Penghasilan dari kerja sampingan mahasiswa sebagai anak kos ini bisa digunakan untuk membayar biaya magang atau bahkan biaya kuliah. Jenis usaha apa yang cocok untuk mahasiswa atau anak kos?

Kerja Sampingan Anak Kos

Usaha sampingan untuk anak kos seharusnya tidak membutuhkan modal yang banyak. Untungnya, ada banyak peluang bisnis yang hanya membutuhkan modal minimal. Berikut beberapa usaha sampingan bermodal kecil untuk anak pesantren.

1. Usaha Sampingan Anak Asrama dengan Les Privat

Layanan les privat dapat bisa menghasilkan bagi anak kos dari spesialisasi apa pun yang tertarik untuk mengajar dan memiliki pengetahuan tentang pendidikan sesuai dengan kurikulum sekolah.

Pelajar atau anak kos khusus Pendidikan akan lebih cocok jika membuka jasa les privat ini, sekaligus mengaplikasikan apa yang telah dipelajarinya. Pembukaan layanan bimbingan belajar untuk anak usia sekolah mungkin tidak memerlukan biaya karena merupakan layanan.

Anda dapat melakukan les privat di rumah siswa, jadi tidak diperlukan lokasi khusus. Bagi anak kos yang ingin membuka usaha les privat perlu mempersiapkan berbagai hal, seperti alat komunikasi dan transportasi. Dengan cara ini, bisnis tunjangan anak akan meningkat.

Anda harus menguasai mata pelajaran sesuai silabus sebelum mengajar. Anda dapat melakukan promosi perusahaan les privat secara online melalui jejaring sosial, Anda juga dapat melakukannya melalui brosur dan dari mulut ke mulut.

Baca juga: Usaha Sampingan Anak Kos di Lingkungan Kampus

2. Layanan terjemahan

Di era global saat ini, perusahaan jasa penerjemahan masih perlu mengumpulkan informasi dari berbagai negara. Bagi yang fasih berbahasa asing, Anda bisa melakukan bisnis jasa penerjemahan sebagai bisnis sampingan.

Bahasa asing yang Anda butuhkan saat ini bukan hanya bahasa Inggris, ada bahasa asing lain yang membutuhkan banyak penerjemah seperti Korea, Cina atau Jepang.

3. Layanan pembuatan konten artikel

Anda sebagai anak kos sekarang dapat mencari informasi di Internet. Tidak heran jika website yang berisi informasi atau promosi produk atau perusahaan terus bermunculan.

Pemilik website terkadang tidak memiliki waktu untuk membuat konten di website itu sendiri, sehingga diperlukan bagian lain untuk melengkapinya.

Siswa dapat memanfaatkan ini dengan membuat layanan pembuatan konten artikel. Mahasiswa dari berbagai jurusan bisa menulis artikel sendiri.

4. Saluran YouTube (YouTuber)

Bisnis sampingan untuk anak kos juga bisa buka channel youtube. Saat ini ada banyak peluang untuk mendapatkan uang dengan menjadi youtuber.

Video yang kamu buat juga bisa bermacam-macam, karena pemula bisa menggunakan modal yang minim. Saat ini, Anda juga dapat menggunakan video game sebagai konten untuk saluran YouTube Anda. Video yang unik dan menarik akan menarik banyak penonton dan pelanggan.

Ketika saluran YouTube memenuhi syarat untuk monetisasi, itu dapat menghasilkan pendapatan. Bisa dilakukan oleh masyarakat umum atau mereka yang masih berstatus pelajar.

Baca Juga: Peluang Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

5. Jasa desain grafis

Anda bisa menjalankan usaha sampingan untuk akomodasi anak dengan membuka usaha jasa desain grafis. Tentunya hal ini berlaku untuk anak-anak kos yang berlatar belakang desain.

Mahasiswa dengan spesialisasi desain atau tidak, tetapi mereka memiliki kemungkinan untuk membuka layanan desain ini. Jasa desain grafis seringkali dibutuhkan untuk membuat logo, gambar, brosur, undangan, dan lainnya.

6. Toko online

Saat ini, toko online sangat mudah dibuka dengan munculnya platform pasar. Anak-anak di pondok pesantren dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka toko online dan menjual produk yang mereka inginkan.

Produk yang Anda jual di toko online bisa berupa produk reseller atau produk Anda sendiri. Lebih baik menguasai dan menyukai produk yang Anda jual terlebih dahulu agar prosesnya lebih mudah.

Baca Juga : Peluang Usaha Pelengkap yang Menguntungkan Bagi Anak Asrama

7. Jasa servis komputer atau handphone

Anak kos laki-laki sering memiliki kemampuan untuk memperbaiki perangkat elektronik, komputer, dan telepon seluler. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk peluang bisnis pensiun yang cukup menguntungkan.

Jasa reparasi tidak memerlukan lokasi yang luas dan dapat dilakukan di guest house atau di lokasi pemilik alat elektronik.

  • Bagikan
Exit mobile version