Investasi Bebas Risiko dengan Penjelasan Detailnya!

  • Bagikan

Investasi Bebas Risiko dengan Penjelasan Detailnya!. Pada dasarnya, berinvestasi memiliki risiko, baik kecil maupun tinggi. Hal ini karena investasi atau instrumen memiliki risiko yang berbeda.

Ketika berinvestasi, siapa pun akan mengharapkan sesuatu sebagai imbalan atau keuntungan. Namun, sangat penting untuk selalu mempertimbangkan risiko yang mungkin berdampak pada investasi.

Apakah investasi bebas risiko?

Berinvestasi itu sendiri adalah salah satu kegiatan di mana Anda berinvestasi untuk pengembalian yang besar. Namun, kegiatan investasi tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, Anda juga harus melakukannya.

Sekarang ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, seperti emas, properti, reksa dana, obligasi, saham, dll. Tentu saja, semua jenis instrumen investasi memiliki tingkat risiko dan pengembalian yang berbeda.

Sebut saja di pasar modal mengenal istilah high risk return, tapi ini juga akan sebanding dengan earning yang ada. Hal yang sama berlaku untuk produk lain seperti emas. Meski inflasi tidak mengikis, emas bergantung pada proyeksi harga emasnya sendiri.

Baca juga: Pilihan Investasi Menguntungkan dengan Keuntungan Harian

Savings Bond Ritel atau SBR

Tidak ada investasi bebas risiko, dan jawabannya adalah Retail Savings Bonds, atau SBR, yang sama dengan tabungan dan deposito bank. Namun, kami hanya dapat membeli SBR ini selama periode penawaran dan menyimpannya hingga tanggal kedaluwarsa tiba.

Kecuali bagi investor yang akan memiliki pelunasan lebih awal dan akan mengambilnya setelah 1 tahun investasi. Karena ini hanya untuk retailer, investasi awal SBR juga cukup murah mulai 1 juta.

Selanjutnya ada juga Sukuk Tabungan atau ST yang hampir sama dengan SBR. Bedanya ST berbasis syariah. Oleh karena itu, Sukuk Tabungan akan dijual kepada investor agen penjual perorangan dengan pembelian minimal 1 juta.

Baca juga: Daftar Saham untuk Investasi Jangka Panjang

Apa jenis investasi terbaik?

Setelah mempelajari tentang investasi bebas risiko, Anda juga perlu mengetahui apakah ada investasi lain yang memiliki risiko minimal. Selain berisiko rendah, juga berpotensi menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Sebut saja emas. Emas adalah tempat yang aman dan menjadikannya salah satu produk investasi paling populer. Selain itu, emas bisa bertahan dan bisa naik saat kondisi pasar terjadi.

Dalam jangka pendek, harga emas biasanya bisa sangat fluktuatif. Namun dalam jangka panjang, nilai emas bisa meningkat drastis.

Tidak hanya itu, ada juga investasi real estate yang menghasilkan keuntungan besar. Meski return-nya besar, investor juga harus membutuhkan modal yang besar.

Investasi bebas risiko ada dan jauh lebih menguntungkan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, seperti emas, properti, dan saham.

  • Bagikan