AkunIndeks

Cara Setting Kode Remot TV Akari dan Mengatasi Tidak Tersambung

  • Bagikan
Cara Setting Kode Remot TV Akari dan Mengatasi Tidak Tersambung
BYSNIS.COM – Salah satu merek televisi yang terkenal adalah Akari. Sayangnya, pengguna TV merek ini tidak sebanyak sebelumnya, sehingga pengguna sering kesulitan mengganti remote control yang rusak. Inilah Cara Setting Kode Remot TV Akari dan Mengatasi Tidak Tersambung.Biasanya remote control yang bisa digunakan adalah remote control universal. Untuk menggunakannya membutuhkan kode tertentu untuk bekerja. Berikut kode remote TV Akari yang bisa kamu coba.

Pastikan Anda menyimpan kode ini dengan benar, sehingga ketika remote rusak dan perlu diganti, Anda siap untuk mengaturnya dengan kode yang disimpan.

Kode lengkap remote control TV Akari

Pada dasarnya, sebuah televisi akan disertai dengan remote control ketika dijual ke konsumen. Jika remote control rusak, remote control pengganti harus sama merek dan jenisnya dengan televisi yang bersangkutan.

Jika berbeda tentunya remote control tidak bisa di gunakan. Itulah yang mendorong produsen remote control untuk dapat mengalahkan semuanya dengan remote control universal mereka.

Remote control ini di rancang untuk di gunakan dengan berbagai jenis televisi dari berbagai merek di dunia. Agar berfungsi dengan baik, remote control ini memerlukan kode-kode tertentu yang harus sesuai dengan jenis televisi yang akan di sambungkan.

Nantinya, remote control tersebut dapat di gunakan sebagai remote control TV built-in.

Ada beberapa jenis TV Akari di pasaran. Setiap jenis memiliki kode uniknya sendiri. Berikut ini adalah jenis TV Akari dan kode remotenya

Kode Remot TV Akari Tabung

Meskipun Akari sudah mengeluarkan tipe TV LED, tidak sedikit orang yang masih menggunakan TV dengan tipe tabung. Selain lebih murah, terkadang TV jenis tabung memiliki gambar yang lebih jernih untuk beberapa saluran tanpa perlu kabel HDMI. Berikut adalah kode remot TV Akari tabung yang bisa Anda gunakan :

TIPE TV Akari TV Tabung
KODE 104, 181, 224, 073, 103, 013, 213, 140, 015, 102

  • Kode Remot TV Akari LED/LCD

Tipe TV dari Akari selanjutnya adalah tipe LED/LCD. Meskipun memiliki teknologi yang modern dibanding TV tabung, LED/LCD TV juga bisa disambungkan dengan remot universal yang banyak beredar di pasaran. Meski begitu kode yang digunakan berbeda dengan tipe TV lain. Berikut adalah daftar kode remot TV LED/LCD dari Akari :

TIPE TV Akari TV LED/LCD
KODE 140, 015, 102, 104, 103, 013, 213, 181, 224, 073

Kode-kode di atas di butuhkan saat Anda ingin menghubungkan remot universal ke TV tertentu. Jika Anda mengganti remot TV Anda dengan remot yang sesuai atau remot yang di keluarkan oleh perusahaan yang sama dengan produsen TV Anda, maka kode-kode ini tidak di perlukan lagi.

Biasanya remot akan segera berfungsi setelah proses pengaturan menggunakan kode di atas selesai di lakukan. Jika cara ini masih belum bisa menghubungkan remot universal ke TV yang Anda gunakan, maka Anda bisa memanfaatkan fitur IR blaster yang ada pada smartphone. Merk smartphone keluaran Xiaomi biasanya memiliki fitur ini.

Cara Setting Kode Remot TV Akari

Untuk menggunakan remote control universal, biasanya di perlukan beberapa langkah. Langkah-langkah ini tidak lain adalah memasukkan kode remote di atas selama proses setup pada Akari TV yang Anda inginkan. Berikut Setting Kode Remot TV Akari lebih jelas :

  • Pastikan remote universal yang Anda gunakan terisi penuh dan terus berfungsi dengan baik.
  • Kemudian arahkan remote control ke layar TV Akari Anda.
  • Tahan tombol SET selama beberapa detik hingga lampu indikator menyala.
  • Saat lampu indikator menyala, masukkan kode 3 angka seperti di atas (pilih salah satu kode di atas). Misalnya kode 115 pilihan
  • Anda, lalu tekan angka 1, tekan 1 lagi, dan tekan 5 secara berurutan.
  • Jika demikian, lampu indikator remote control akan mati dan remote universal sekarang dapat digunakan untuk mengoperasikan Akari TV Anda.

Mengatasi Remote Akari Tidak Bisa Tersambung

Jika terjadi kesalahan atau remote control tidak berfungsi setelah memasukkan kode di atas, coba ulangi metode yang sama tetapi masukkan kode 3 digit lainnya. Lakukan ini sampai remote control dapat bekerja untuk mengoperasikan TV Akari Anda.

Dalam beberapa kasus, remote mungkin tidak berfungsi sama sekali meskipun semua kode telah diuji. Jika demikian, kemungkinan jenis Akari TV yang Anda gunakan adalah seri terbaru atau seri yang belum kompatibel dengan remote universal. Jadi pastikan remote Anda kompatibel dengan jenis TV Akari Anda.

Seperti disebutkan di atas, berbagai seri smartphone Xiaomi yang memiliki pemancar inframerah (IR) juga dapat digunakan sebagai remote control untuk berbagai merek TV di dunia. Anda dapat memanfaatkan fitur ini jika remote universal yang Anda gunakan tidak berfungsi dengan baik.

Cara merawat remote TV agar awet

Jika Anda masih menggunakan remote built-in untuk TV yang Anda beli atau jika Anda membeli remote universal baru, ada baiknya Anda mulai menerapkan hal-hal berikut agar remote TV yang Anda gunakan saat ini dapat bertahan lebih lama. Setting Kode Remot TV Akari dengan mengikuti cara di atas.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga remote Anda agar tahan lama:

Jaga remote control agar tidak sering jatuh

Berhati-hatilah saat menggunakan remote control dalam kehidupan sehari-hari. Jika remote control sering terjatuh, beberapa komponen internal dapat bergerak atau rusak. Kalau sudah begitu, biasanya akan sulit untuk menekan remote control atau bahkan tidak bisa digunakan lagi.

Jangan tekan tombol terlalu keras

Pastikan untuk menekan tombol pada remote control tanpa harus memaksanya. Cukup tekan ringan sampai TV bereaksi. Jika Anda menekan terlalu keras, tombol dapat kehilangan elastisitasnya dan tidak kembali ke posisi semula.

Jangan menekan remote control di sofa atau lantai

Saat menonton drama atau acara yang menyulut emosi, biasanya remote control akan menjadi korbannya. Jika itu masalahnya, emosi Anda mungkin akan semakin meningkat. Bukan hanya karena serunya cerita, tapi juga karena remote control yang digunakan rusak.

Jangan terlalu sering menekan tombol yang sama

Jika Anda ingin mengubah saluran tertentu, Anda harus memanfaatkan sepenuhnya tombol angka alih-alih tombol Kembali dan Berikutnya. Hal ini untuk mencegah agar tombol tidak sering ditekan dan merusak bagian dalam PCB.

Selalu gunakan baterai berkualitas

Beberapa kasus sering terjadi karena penggunaan baterai palsu. Akibatnya, remote control harus ditekan cukup kuat agar TV merespons. Jika hal itu sering terjadi, usia remote tentunya tidak bisa lama-lama.

Menjaga agar remote tetap awet cukup penting, karena ada beberapa menu di TV yang hanya bisa diakses melalui remote bawaan. Namun, jika Anda harus mengganti remote dengan yang baru, maka kode remote TV Akari yang lama dapat digunakan untuk menghubungkan remote baru Anda ke TV Akari di rumah.

  • Bagikan