7 Tips Mengemudi Mobil Saat Menanjak dan Macet dengan Mudah

Tips Mengemudi Mobil Saat Menanjak Dan Macet
Tips mengemudi mobil saat menanjak dan macet

BYSNIS.COM – Tips mengemudi mobil saat menanjak dan macet. Mengemudi mobil di lereng dan kemacetan lalu lintas membuatku berkeringat Mengemudi di tanjakan lebih sulit.

Anda harus mahir dalam menguasai kendaraan agar mobil tidak tiba-tiba mundur atau mobil tiba-tiba mogok, apalagi jika mobil bertransmisi manual.

Oleh karena itu, ada beberapa tips mengemudikan mobil di tanjakan agar tidak membahayakan pengemudi dan pengendara lainnya.

Jika Anda mendaki bukit dan terjebak, Anda perlu lebih fokus menguasai medan karena Anda harus fokus menggunakan kopling, gas, dan rem. Jika Anda tidak menguasainya, mobil akan mundur dan menabrak mobil di belakang.

7 Tips mengemudi mobil saat menanjak dan macet

Untuk kamu yang ingin melewati medan yang sulit ini tidak perlu khawatir, kamu hanya perlu mengerti Tips berkendara melewati perbukitan dan kemacetan yang pasti butuh latihan. Berikut cara berkendara di tanjakan.

Baca juga: 5 Tips Mengisi Bensin Mobil dengan Benar

Simak Tips mengemudi mobil saat menanjak dan macet di bawah ini:

1. Menggunakan gigi pertama atau kedua

Saran utamanya, tentu saja, Anda harus menggunakan gigi satu atau dua saat menanjak. Cara ini adalah cara yang paling aman daripada harus menekan kopling setengah jalan saat ingin menuruni tanjakan. Menekan kopling setengah jalan dapat menyebabkan kopling cepat aus.

Anda bisa menggunakan gigi satu jika kondisi tanjakannya curam, tetapi Anda bisa menggunakan gigi dua jika tanjakannya rendah.

2. Penggunaan rem parkir

Selama lereng dan kemacetan lalu lintas, Anda dapat menggunakan rem parkir untuk menghentikan kendaraan Anda. Jangan membiasakan menekan kopling setengah-setengah, karena bisa berbahaya dan bisa merusak performa mesin kendaraan Anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Termudah Terbaru Tahun 2022

Tips mengemudi mobil saat menanjak dan macet saat menuruni tanjakan yang curam, yang harus Anda lakukan hanyalah menarik tuas rem tangan agar mobil tidak mundur. Kemudian, setelah ingin melanjutkan jalan, Anda dapat melepaskan rem parkir secara perlahan dan sambil melepaskan kopling dengan kaki yang lain, bersiaplah untuk menginjak gas agar mobil dapat bergerak maju.

3. Injak rem kaki di tanjakan yang landai

Tips mengemudi mobil saat menanjak dan macet ini berlaku untuk lereng yang landai dan tidak curam. Penggunaan rem kaki dapat dilakukan seperti pada kondisi berkendara saat macet.

Injak pedal rem saat ingin mengerem pelan-pelan dengan menyetel mobil di depan. Kemudian pindahkan tuas persneling ke posisi N.

Kemudian saat mau jalan, lepas pedal rem pelan-pelan sambil lepas kopling dan mobil akan berakselerasi perlahan. Cara ini bisa Anda praktikkan jauh-jauh hari agar tidak terjadi kesalahan seperti mobil tiba-tiba mati.

4. Gunakan pedal kopling dan rem

Tips mengemudi mobil saat menanjak dan macet dengan menggunakan pedal kopling dan rem dapat membantu Anda berhenti di tanjakan dan tidak mundur. Mobil akan berhenti secara otomatis saat mesin masih hidup dan pastikan Anda berada di gigi satu.

Jika Anda ingin mengembalikan kecepatan mobil, cukup tancap gas pada 2000 RPM dan lakukan secara bersamaan. Angkat kaki kiri untuk menekan pedal kopling dan rem di posisi tengah. Jika ingin berhenti lagi, Anda bisa menekan kopling untuk menghentikan kendaraan.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Jamur Di Jok Mobil Terbaru

5. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Tips mengemudi mobil saat menanjak dan macet, tentunya Anda harus menjaga jarak dengan pengendara lain. Saat berkendara, Anda harus memperhitungkan jarak antar kendaraan agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh.

Hal ini untuk mengantisipasi jika pengemudi di depan Anda atau diri Anda sendiri bermasalah dengan mobil yang Anda kendarai. Dengan menjaga jarak, setidaknya Anda bisa dengan mudah menyalip jika mobil di depan Anda mogok.

6. Perhatikan tingkat kemiringannya

Tips mengemudi mobil saat menanjak dan macet dengan mudah dengan tingkat kemiringan berarti Anda dapat memprediksi peralatan mana yang akan digunakan. Gear satu atau dua inilah yang memungkinkan untuk melintasi lereng.

Pastikan gear yang Anda gunakan membantu mobil tidak mati mendadak karena tidak cukup kuat untuk menanjak. Jika suara mesin terdengar keras, wajar karena mobil sedang menanjak.

7. Kuasai teknik mengemudi sesuai mobil yang Anda gunakan

7 Tips Mengemudi Mobil Saat Menanjak dan Macet dengan Mudah adalah dengan menguasai jenis mobil yang digunakan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana kondisi mobil bisa melewati tanjakan atau tidak.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Jamur Di Jok Mobil Terbaru

Jika Anda mahir dalam mobil yang digunakan, pastikan Anda mahir mengemudi sehingga Anda dapat dengan mudah melintasi tanjakan.

7 Tips Mengemudi Mobil Saat Menanjak dan Macet dengan Mudah dapat membantu Anda mengetahui cara menaklukkan lereng dengan mudah. Dengan mengetahui tips dan latihan di atas, Anda bisa dengan mudah mengatasi tanjakan. Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap perlu berhati-hati saat berkendara.

Penulis: Agustinus Editor: Agustinus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.