Tips Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik Karena Koneksi Server Belum Terhubung Dapodik 2021.a

Cara Menaikan Kelas Peserta Didik Di Dapodik
Cara Menaikan Kelas Peserta Didik di Dapodik

Tips Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik Karena Koneksi Server Belum Terhubung Dapodik 2021.a – Harapan yang diinginkan teman-teman operator Dapodik ketika update aplikasi Dapodik keluar adalah semua bug/error yang terjadi pada versi sebelumnya dapat teratasi dan memperlancar semua aktivitas yang ada.

Tips Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik

Namun ternyata tidak pada tahun ajaran 2020/2021. Banyak kasus atau permasalahan yang ditemukan pada Aplikasi Dapodik Versi 2021. Dengan segala permasalahan yang ada, Kemendikbud akhirnya merilis Patch Dapodik Versi 2021.a.

Walaupun Dapodik versi 2021.a sudah rilis, masih ada kasus yang muncul salah satunya tidak sinkron dengan deskripsi”Koneksi dengan server tidak terhubung.

Hal ini terjadi karena koneksi internet yang digunakan tidak stabil, meskipun lancar untuk membuka halaman seperti “Youtube”.

Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan acuan agar proses sinkronisasi Dapodik berjalan lancar.

Berikut ini adalah Tips Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik :

  • Tips yang pertama adalah jika anda mendapatkan pernyataan “Not Connected” saat ingin melakukan sinkronisasi Dapodik seperti gambar diatas, klik tombol Reload sampai status Connected.
  • Sinkronisasi di luar jam kerja atau jam sibuk. Sahabat Operator Dapodik dapat melakukan tes pada waktu-waktu tertentu misalnya pada pagi hari antara pukul 05:00 s/d 07:00, pukul 18:30 hingga 19:00 atau sore hari. Biasanya saat itu koneksi ke server Dapodik akan lancar.
  • Jika kedua cara di atas masih gagal, coba ubah koneksi internet, seperti menghubungkan melalui ponsel. Meskipun sinyalnya rendah, perlu diingat bahwa jangkar HP akan jauh lebih stabil.
  • Gunakan ekstensi browser tambahan seperti Hoxx VPN.

Baca juga : Operator Dapodik Tentang Verval HP Harus di Ketahui

Itulah tips mengatasi sync failure karena koneksi server belum terkoneksi Dapodik 2021.a bisa bysnis Membagikan. Semoga ada manfaatnya dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.