Tips Mengadakan Giveaway untuk Strategi Marketing

Tips Mengadakan Giveaway untuk Strategi Marketing





BYSNIS.COM – Tips Mengadakan Giveaway untuk Strategi Marketing harus anda perhatikan. Jangan sampai salah menghabiskan banyak uang jika tidak maksimal dengan mengadakan giveaway.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, ada baiknya Anda membuat strategi pemasaran yang cukup matang. Karena strategi pemasaran merupakan senjata utama dalam dunia bisnis untuk memasarkan produk atau jasa, maka pendekatan yang paling ampuh adalah dengan melakukan promosi, seperti mengadakan giveaway.

Ada berbagai bentuk hadiah yang bisa diberikan, tergantung kemampuan finansial dan target pelanggan atau konsumen yang dijangkau.

Promosi ini hanya dapat Anda lakukan pada waktu-waktu tertentu, seperti grand opening perusahaan, ulang tahun perusahaan, dan waktu-waktu khusus lainnya.

Seperti jenis promosi lainnya, tips mengadakan giveaway juga membutuhkan pertimbangan yang cermat. Apa saja yang perlu Anda persiapkan? Lihatlah artikel ini untuk tips tentang giveaway dan dampak giveaway pada strategi pemasaran Anda.

Tips Mengadakan Giveaway

Dalam sebuah strategi pemasaran, segala macam promosi memegang peranan yang sangat penting, salah satunya adalah giveaway. Anda harus mempersiapkan banyak hal untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Agar Anda tidak salah paham, berikut beberapa tips menarik dan benar.

Tips Mengadakan Giveaway Pertama Menentukan Tujuan

Faktor utama keberhasilan dari tips Mengadakan giveaway adalah tujuan yang ditetapkan. Masing-masing memiliki tujuan yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Jika Anda baru memulai bisnis, tentunya tujuan pertama yang Anda butuhkan adalah menarik perhatian pelanggan atau konsumen.

Tidak mudah untuk meningkatkan jumlah klien atau konsumen dalam waktu singkat. Oleh karena itu, Anda harus menentukan segmen pasarnya misalnya anak-anak milenial, remaja putri, pekerja kantoran dan lain-lain. Jangan lupa bahwa tujuan terpenting dari promosi saat ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Tentukan jenis hadiahnya

Tips kedua yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis kado. Dalam praktiknya, ada dua jenis yang sering digunakan dalam strategi pemasaran, yaitu self-gift dan sponsorship. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Promosi

Tips Mengadakan Giveaway paling utama adalah promosi, jenis promosi ini dilakukan secara mandiri atau mandiri, berdasarkan penentuan tenggat waktu, promosi, hadiah dan pemilihan pemenang. Kesimpulannya, seluruh proses dilakukan dan diatur oleh Anda.

Umumnya jenis promosi ini dilakukan oleh mereka yang memiliki pengalaman dan memiliki jumlah pengikut, klien atau konsumen yang banyak. Memiliki anggaran pemasaran tertentu juga berperan penting dalam melakukan jenis promosi ini sendiri.

2. Sponsor giveaway

Berbeda dengan tipe pertama, promosi jenis ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat event giveaway tertentu. Anda bisa bekerja sama dengan merek tertentu untuk mendapatkan lebih maksimal.

Tujuan dari jenis promosi ini adalah untuk meningkatkan brand awareness atau engagement. Oleh karena itu, jenis promosi ini sangat cocok bagi Anda yang baru memulai bisnis dengan jangkauan klien atau konsumen yang terbatas.

Tentukan hadiah yang tepat

Setelah menentukan target segmen pasar Anda, tips mengadakan giveaway selanjutnya agar lebih menarik adalah menentukan hadiah yang tepat. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan prospek, hadiah yang paling tepat adalah menyediakan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Banyaknya peserta giveaway akan mempengaruhi jumlah calon customer, pastikan hadiah yang anda berikan menjadi magnet untuk menarik lebih banyak customer atau konsumen. Jadi mempelajari tips mengadakan giveaway itu sangat penting.

Penentuan persyaratan

Pemenang undian adalah mereka yang berhasil menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, penentuan kelayakan merupakan bagian penting dari proses melakukan promosi saat ini. Persyaratan yang ditentukan juga harus sesuai dengan tujuan.

Jika tujuan Anda adalah keterlibatan, Anda dapat meminta peserta untuk mengikuti Anda dengan menyukai, berkomentar, atau menyebut beberapa orang terdekat Anda. Persyaratan ini konsisten dengan tujuan perikatan dan banyak yang telah memenuhinya.

Menggunakan hashtag

Tip terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah menggunakan tagar untuk mengkategorikan konten Anda. Selain memudahkan pengikut, pelanggan, dan konsumen untuk menemukan produk atau layanan yang Anda unggah, Anda juga dapat menggunakan tips ini sebagai kampanye atau menunjukkan merek yang Anda mulai.

Coba gunakan hashtag di setiap acara yang Anda selenggarakan untuk meningkatkan keterlibatan. Menurut penelitian, hashtags dapat meningkatkan keterlibatan dalam posting hingga 12,6%.

Tertarik untuk Mengadakan Giveaway?

Itulah penjelasan detail tentang tips mengadakan giveaway, salah satu jenis promosi yang berdampak besar pada strategi pemasaran Anda. Tertarik untuk mencoba promosi saat ini? Tidak