Tips Hiking di Masa Pandemi, Prokes Tetap yang Utama!

  • Bagikan

Di masa pandemi ini, masih banyak orang yang memilih untuk melakukan pendakian. Mereka cenderung merasa bosan untuk selalu diam dirumah, ditambah lagi dengan kegiatan work from home. Sebelum melakukan pendakian, Kamu wajib tahu tips hiking di masa pandemi yang akan sangat berguna nantinya.

Sebagian orang menganggap hiking sebagai hal yang biasa karena sudah sering melakukannya. Namun, ada yang berbeda saat ini, ketika Covid-19 masih mengalami pelonjakan kasus dan prokes harus selalu di terapkan. Kamu harus menaati semua prokes yang berlaku. Apa saja tipsnya? Perhatikan langkah berikut ini.

Bolehkah Hiking di Masa Pandemi?

Ingin memulai mendaki di masa pandemi? Kamu harus memperhatikan terlebih dahulu wilayah pendakian yang dituju. Pemerintah saat ini berencana dan tengah mempersiapkan pembukaan tempat pendakian di zona hijau dan kuning.

Tips hiking di masa pandemi akan berbeda dengan biasanya. Aktivitas ini sebenarnya di perbolehkan oleh pakar kesehatan, meskipun ada beberapa syarat tertentu.

Pendaki diwajibkan untuk memantau kondisi fisiknya agar selalu terjaga dan dalam keadaan baik. Intinya, jangan sampai ada penularan virus dari pendaki satu ke yang lainnya.

Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tidak ada penyebaran virus yang melonjak akibat aktivitas pendakian. Stamina ketika hiking harus selalu dijaga dengan baik, mulai dari ketahanan jantung, paru dan otot.

Tips Hiking di Masa Pandemi

1.   Tubuh Harus Dalam Kondisi Sehat

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendakian adalah memastikan kondisi tubuh selalu sehat. Setiap orang akan memiliki kesiapan yang berbeda khususnya jika diperhatikan dari segi kesehatannya. Melakukan check up kondisi ke dokter atau puskesmas terdekat adalah solusi terbaiknya.

2.   Siapkan Asupan Vitamin

Solusi lain untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh sebelum mendaki adalah mengkonsumsi vitamin. Saat ini Kamu bisa mencari dan menemukan berbagai vitamin yang tepat. Pendaki harus memilih suplemen yang tepat sebelum mendaki.

Jika Kamu menderita tekanan darah rendah, cobalah untuk membeli pil penambah darah. Ternyata, ketika mendaki kondisi yang tidak fit dapat menimbulkan penyebaran virus.

3.   Tips Hiking di Masa Pandemi dengan Vaksinasi

Meskipun belum semua orang mendapatkan jatah vaksinasi, kamu perlu mempertimbangkan hal ini sebelum mendaki. Usahakan terlebih dahulu untuk mendapatkan vaksinasi agar dapat mencegah penyebaran virus. tidak semua orang akan tahu kapan tubuh berada dalam kondisi lemah atau dimana virus tersebut berada. Mencari cara aman adalah tips terbaik untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.

4.   Cari Tahu Kondisi Medan

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama pendakian, melakukan antisipasi adalah cara terbaik untuk dilakukan. Kondisi medan setiap gunung akan berbeda, khususnya untuk lokasi yang belum pernah Kamu kunjungi sebelumnya.

Tips hiking di masa pandemi ini perlu di perhatikan, karena bisa saja kondisi badan mengalami penurunan nantinya. Efek kelelahan bisa menyebabkan tubuh mudah tertular virus.

5.   Perhatikan Regulasi Baru di Tempat Hiking

Setiap lokasi pendakian akan memiliki regulasi yang berbeda, khususnya untuk menerapkan prokes selama pandemi. Maka dari itu, sebelum melakukan pendakian ada baiknya Kamu berbincang sedikit dengan orang sekitar.

Semua orang melakukan itu untuk memperhatikan apa saja hal baru yang ada di tempat tersebut. Khususnya, untuk menemukan regulasi baru terkait dengan prokes yang berlaku.

6.   Usahakan Jangan Meminjam Peralatan Orang Lain

Terkadang beberapa orang lupa untuk memastikan tidak ada peralatan yang kurang atau tertinggal. Akan tetapi saat ini semuanya berbeda, Kamu tidak diperbolehkan untuk meminjam barang dari siapapun untuk menjaga prokes. Kita tidak pernah tahu jika orang tersebut menjadi perantara virus ataupun tidak. Tips hiking di masa pandemi ini akan berguna untuk mencegah penularan.

7.   Menerapkan 3M adalah Hal Wajib

Protokol 3M adalah salah satu hal wajib di area terbuka dan umum manapun. Untuk itu, ketika melakukan pendakian pastikan jika menjaga sterilasi diri dan barang selalu diutamakan. Pihak pengelola biasanya akan memastikan semua pendaki telah melakukan hal ini sebelum memulai perjalanannya.

8.   Bawa Perbekalan Makanan Bergizi

Pada saat pendakian di waktu biasa, mungkin Kamu sudah terbiasa dengan stok makanan yang seadanya dan secukupnya. Semua telah berbeda, ketika pendaki diwajibkan untuk membawa perbekalan makanan yang bergizi. Pendaki melakukan ini untuk menjamin jika kondisi kesehatan dan imun tubuh selalu stabil.

9.   Bawa Stok Masker Lebih

Membawa stok masker lebih memang terkesan ribet untuk melakukan aktivitas pendakian. Mengandalkan kain saja tidak cukup untuk dijadikan masker. Pendaki wajib memiliki stock masker untuk memastikan keamanan selama mendaki. Pendaki wajib memakai masker berlapis untuk mencegah penyebaran virus itu sendiri.

10.   Strelisisasi peralatan sepulang hiking

Tentunya Kamu tidak ingin menuralkan penyakit kepada keluarga atau teman sepulang pendakian kan? Jika ya, maka pastikan semua barang yang telah dibawa semasa pendakian telah di sterilisasi. Hal ini akan menjamin kesehatan keluarga dan teman di sekeliling Kamu setelah melakukan pendakian.

Ingin Menerapkan Tips Hiking di Masa Pandemi?

Melakukan aktivitas hiking memang sangat menyenangkan dan menantang. Tips hiking di masa pandemi sangat mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Memastikan keadaan tubuh selalu fit dan siap untuk melakukan pendakian adalah hal penting selain menerapkan prokes.

Saat merasa tubuh tidak sanggup dan peralatan pendakian kurang memadai, lebih baik menunda rencana tersebut. Yuk tetap menjaga prokes selama pendakian, dan hentikan penyebaran Covid-19!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *