Rekomendasi Tanaman Obat Populer Indonesia untuk Kesehatan

Rekomendasi Tanaman Obat Populer Indonesia untuk Kesehatan





Tanaman obat populer menjadi salah satu alternatif untuk terapi penyakit tertentu yang masih dapat dikendalikan dalam batas wajar. Artinya tingkat keparahan suatu penyakit masih tergolong rendah dan memiliki tingkat risiko yang kecil terhadap kesehatan tubuh. Inilah Rekomendasi Tanaman Obat Populer Indonesia untuk Kesehatan.

Pemanfaatan tumbuhan obat sebagai terapi alami untuk penyembuhan dilakukan melalui berbagai proses, seperti merebus, menggiling atau menyeduh bir jika tersedia dalam bentuk bubuk. Budidaya tanaman obat populer ini memberikan manfaat bagi pemiliknya, terutama ketika seseorang memiliki penyakit tertentu dan dapat diatasi dengan tanaman tersebut.

Lantas apa saja tanaman obat herbal asli Indonesia yang sering tumbuh di masyarakat? Apa saja manfaat dari tanaman obat ini? Berikut penjelasannya.

Tanaman Obat Populer Asli Indonesia yang Bisa Dibudidayakan di Rumah

Berikut ini beberapa tanaman obat yang bisa kamu budidayakan secara mandiri, yaitu :

1. Tanaman Obat Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Umumnya, masyarakat menggunakan tanaman herbal yang satu ini sebagai terapi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Para penderita diabetes tersebut seringkali mengonsumsi rebusan kumis kucing secara rutin.

Tidak hanya itu, tanaman ini masih memiliki banyak khasiat seperti menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Kumis kucing juga memiliki kandungan senyawa flavonoid dan fenolik dalam jumlah yang tinggi.

Sehingga tanaman kumis kucing juga menjadi untuk terapi rematik terutama bagi penderita penyakit rheumatoid arthtritis atau RA dan bersifat inhibit terhadap pembentukan asam surat.

2. Tanaman Obat Jahe

Jahe merupakan tanaman obat populer asli Indonesia yang memiliki ciri khas berupa sensasi hangat untuk tubuh. Tanaman yang satu ini merupakan salah satu jenis rhizoma yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan kandungan shagaol, vitamin C, magnesium, dan senyawa lainnya mampu membantu tubuh memperkuat sistem kekebalan sehingga risiko tubuh terserang penyait akan semakin rendah.

Tidak hanya itu, jahe juga memiliki khasiat sebagai antibakteri, meredakan ketegangan otot, terapi pada masalah pencernaan dan mual muntah pada ibu hamil, menyetabilkan kadar gula darah dan kolesterol, bahkan jahe mampu menjadi terapi untuk mengatasi rasa nyeri ketika menstruasi.

Kamu bisa mengonsumsi jahe melalui beberapa tahapan yakni dengan membuat teh jahe baik itu tanpa atau dengan penambahan gula. Langkah yang perlu kamu lakukan yaitu potong jahe menjadi bagian yang lebih kecil kemudian tumbuk potongan jahe tersebut dan masukkan ke dalam gelas.

Setelah itu, kamu bisa menambahkan air hangat ke dalam gelas yang telah berisi jahe. Namun, bagi penderita penyakit diabetes sebaiknya menghindari penambahan gula pada wedang atau teh jahe untuk memperoleh khasiat yang maksimal.

Pengonsumsi minuman jahe ini tidak hanya dari kalangan masyarakat yang menderita penyakit tertentu. Tetapi, bagi kamu yang merasa suntuk atau membutuhkan minuman yang dapat menghangatkan tubuh serta memberikan efek rileks. Maka minuman jahe ini menjadi rekomendasi yang tepat dan mampu memberikan manfaat bagi tubuh.

3. Tanaman Sirih

Tanaman obat populer selanjutnya adalah sirih yang tumbuh dengan sulur pada inangnya. Banyak wanita terdahulu yang mengonsumsi sirih dengan cara mengunyahnya bersama dengan kapur. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi.

Ternyata daun sirih ini juga memiliki khasiat dalam menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Tanaman ini juga mengandung senyawa antioksidan eugenol yang berperan dalam menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya kanker pada penderita diabetes.

Khasiat lain dari daun sirih ini yaitu berperan dalam penyembuhan luka bakar dengan antioksidan di dalamnya, menjaga saluran pencernaan, bahkan tanaman ini berperan dalam meningkatkan energi dalam tubuh.

Baru-baru ini, daun sirih juga menjadi bahan alami untuk pembuatan hand sanitizer karena mengandung antibakteri.

4. Tanaman Obat Kencur

Kencur merupakan tanaman yang tumbuh subur di wilayah dengan iklim tropis dan subtropis seperti di Indonesia. Tanaman ini memiliki kandungan senyawa alkaloid, asam sinamat, borneol, kamfen, dan senyawa lain yang memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat dari tanaman ini antara lain meningkatkan nafsu makan, menghambat adanya karies gigi, mengatasi masalah hipertensi, sakit kepala, batuk, rematik, nyeri pada dada, dan radang tumor.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga memiliki khasiat dalam menjaga kulit karena memiliki kandungan senyawa antibakteri dan antiinflamasi. Sehingga kencur mampu mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit, memberikan kekencangan pada kulit wajah, mengatasi masalah jerawat, dan luka.

5. Tanaman obat kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Namun kandungan senyawa dalam tanaman ini seperti kurkumin, antioksidan dan lain-lain dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Khasiat kunyit untuk mengatasi masalah pencernaan, mengatasi masalah mual dan muntah, menjadi alternatif alami peradangan, mengatasi masalah maag, bahkan rimpang ini mampu meredakan nyeri saat haid.

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, kunyit juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dalam kunyit dapat membuat kulit tampak lebih cerah, halus dan kencang sehingga membuat kulit tampak lebih muda.

Maka tak heran jika ada masker kunyit dengan kombinasi bahan alami lainnya seperti pepaya, susu atau yogurt, madu, dan minyak zaitun.

6. Tumbuhan temulawak

Temulawak merupakan tanaman rimpang yang menyerupai kunyit. Biasanya temulawak ini mengalami tahapan pengolahan menjadi minuman seperti teh untuk makanan atau minuman sehari-hari. Sehingga tanpa disadari minuman tersebut dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman obat yang populer ini memiliki khasiat seperti menjaga sistem pencernaan, menjadi alternatif alami untuk perut kembung, meningkatkan nafsu makan, bahkan tanaman ini juga efektif untuk terapi osteoarthritis.

Selain itu, rimpang ini juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang menjadikan jahe sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat.

Tanaman yang tumbuh subur di wilayah Indonesia ini juga memiliki khasiat lain yang berhubungan dengan kanker, menjaga kesehatan hati dan bekerja sebagai anti inflamasi dengan sistem kerja yang memberikan penghambat produk prostaglandin yang dapat merangsang peradangan.

Baca juga :Pertanda Mimpi Makan Mangga Matang Menurut Primbon

7. Tanaman mengkudu

Mengkudu merupakan tanaman yang tinggi vitamin C. Sehingga tanaman ini memiliki peran dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Umumnya orang juga menggunakan buah mengkudu sebagai alternatif untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Mengkudu juga mengandung fosfor, kalium, kalsium, magnesium, dan selenium yang baik untuk kesehatan tulang dan otot. Bahkan, buah ini juga berperan sebagai terapi alami bagi penderita arthritis.

Anda bisa memanfaatkan buah mengkudu ini dengan cara meminum sari buah mengkudu kemudian meminum sarinya secara rutin. Bahkan ada sebagian orang yang memakan buah mengkudu secara langsung tanpa pengolahan apapun.

8. Tanaman seledri

Seledri merupakan tanaman obat populer yang sering digunakan sebagai bahan tambahan masakan seperti sup, sup, atau makanan lain yang mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bagaimana kandungan antioksidan, antibakteri dan antivirus yang dikandung tanaman hijau ini dapat membantu seseorang mengatasi masalah peradangan.

Ekstrak etanol seledri juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan hati, yang merupakan organ penting bagi tubuh. Manfaat lain dari tanaman seledri ini adalah untuk menghilangkan bau badan, mencegah dehidrasi, mengatasi masalah tekanan darah tinggi dan kolesterol dalam tubuh.

9. Tanaman sirsak

Sirsak merupakan salah satu jenis tanaman yang umumnya hanya dimanfaatkan buahnya dengan rasa yang pahit-manis. Namun, daun tanaman sirsak ini memiliki khasiat lain, seperti menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Jadi jika Anda memiliki saudara atau bahkan diri Anda sendiri yang mengalami penyakit tersebut. Daun sirsak menjadi alternatif alami dalam pengobatan.

Memanfaatkan tanaman obat ini melalui proses perebusan beberapa daun sirsak. Sehingga Anda bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut secara rutin, seperti seminggu sekali atau bahkan lebih.

Baca juga : 4 Rekomendasi Merk Makanan Kucing Murah Berkualitas

Apakah ada tanaman obat yang populer di rumah Anda?

Difusi tanaman herbal di wilayah Indonesia memberikan manfaat bagi masyarakat, baik untuk mengatasi gangguan kesehatan maupun untuk mengolah rempah-rempah. Tidak jarang masyarakat Indonesia lebih memilih menanam tanaman obat populer ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Jadi, apakah Anda memiliki tanaman herbal di rumah yang dapat Anda gunakan saat Anda tiba-tiba membutuhkannya? Jadi mulai sekarang sebaiknya Anda mencoba menanam tanaman obat herbal dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Tetap kuat dan sehat selalu!