Bisnis  

Persiapan Bahan dan Modal Usaha Ternak Bebek

Persiapan Bahan Dan Modal Usaha Ternak Bebek

Berternak adalah usaha untuk membiakkan hewan untuk kemudian dijual kembali. Persiapan Bahan dan Modal Usaha Ternak Bebek.

Hewan yang diternakkan bisa sapi, kambing, unggas dan juga ikan. Peternakan dapat dijadikan sebagai bidang usaha yang menjanjikan, mengingat kebutuhan pasar domestik akan ternak terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia.

Terutama bagi Anda yang tinggal di kota dan ingin berbisnis. Jadi ras mana yang mudah dan cepat dipanen? Anda bisa mencoba beternak bebek.

Apa yang Anda butuhkan untuk mulai beternak bebek? Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk Modal Usaha Ternak Bebek.

Persiapan Bahan dan Modal Usaha Ternak Bebek

Beternak itik dinilai lebih cepat panen dibandingkan beternak unggas jenis lain seperti ayam dan puyuh. Bebek hibrida dan jenis Peking bisa dipanen dalam waktu kurang dari tiga bulan, artinya dagingnya bisa dipotong.

Loading...

Sedangkan untuk bebek lokal biasa, Anda bisa memanfaatkan telurnya untuk diolah menjadi telur asin yang tinggi protein. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba beternak bebek?

Baca juga : Cara Bisnis Ternak Cacing Tanah untuk Usaha Rumahan

Disini kita akan membahas modal apa saja yang harus anda siapkan.

1. Tentukan bibit bebek

Modal Usaha Ternak Bebek dengan menentukan bibit bebek. Ini merupakan langkah awal, sekaligus langkah penting yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai beternak bebek. Pemilihan dan penentuan bibit ini akan menentukan usaha peternakan itik anda kedepannya.

Jika anda ingin menjadi supplier atau suplier daging bebek maka bebek Hybrid atau Peking adalah pilihan yang tepat. Kedua jenis bebek ini mirip dengan jenis ayam potong. Dagingnya tidak butuh waktu lama untuk dipanen.

Loading...

Baca juga : 5 Tips Peluang Usaha Salon Kecantikan Dengan Mudah Dan Tepat

Dari awal menetas hingga berumur 3 bulan, aman dikoleksi dengan berat rata-rata 4-5 kg. Jika Anda ingin menjadi pemasok telur itik, cukuplah dengan itik lokal biasa.

2. Kandang

Bebek tidak seperti ayam atau puyuh. Modal usaha untuk ternak bebek juga harus memikirkan kandangnya. Jika anda memelihara ayam anda bisa membuat kandang tertutup, untuk itik hal ini tidak berlaku. Bebek menyukai tempat yang luas.

Oleh karena itu memang diharuskan untuk dapat menyediakan kandang yang luas, karena itik sangat suka hidup berkelompok.

Cukup membangun kandang yang dikelilingi pagar kayu setinggi pinggang orang dewasa di atas tanah seluas 3×3 meter persegi. Hal ini memberikan ruang bebas bagi bebek untuk bergerak seperti di alam bebas, sehingga Anda tidak perlu repot membawanya ke sawah atau sungai.

Loading...

Jangan khawatir, bebek akan terbang. Membangun pagar yang ketat untuk mencegah bebek melarikan diri dan predator masuk.

3. Pakan

Modal Usaha Ternak Bebek ketika adalah pakan. Bebek adalah pemakan “sesuatu” yang rakus dari segalanya. Faktor ini membuat bebek memiliki banyak potensi. Selain memberikan pakan kering seperti konsentrat dan dedak.

Anda juga harus memberikan sayuran dan buah-buahan yang dicampurkan ke dalam makanan bebek setiap kali Anda memberi makan bebek.

Baca juga : Cara Memasarkan Produk Ternak Ikan Lele Secara Efektif

Terutama sayuran hijau seperti daun pepaya, daun singkong, daun bayam dan daun kangkung bisa dipilih. Dalam seminggu, paling tidak dua kali berikan juga campuran ikan atau udang kecil dalam pakan bebek.

Loading...

Pasalnya, saat dilepasliarkan ke alam, itik suka berburu udang dan ikan kecil di sungai. Pemberian feses tahu juga sangat baik untuk menambah bobot bebek dalam waktu cepat.

4. Asupan air

Pikirkan dengan modal usaha ternak bebek untuk airnya. Bebek sangat menyukai air. Baik untuk membasahi tubuh maupun untuk diminum. Oleh karena itu, persediaan air di dalam kandang tidak boleh terlalu pendek dan tidak terlalu terlambat.

Selain itu, bau kotoran bebek cenderung lebih bau dibandingkan kotoran ayam, yang tentunya akan mengganggu lingkungan sekitar jika tidak dibersihkan secara rutin.

Air dapat digunakan untuk membersihkan kandang bebek dengan menyiramnya secara rutin setiap hari pada pagi atau sore hari.

5. Vaksin dan Obat-obatan

Pemberian vaksinasi pada itik penting dilakukan untuk melindungi ternak Anda dari bahaya penyakit dan kuman serta virus yang akan menginfeksinya.

Loading...

Untuk melakukan ini, Anda dapat memeriksa dengan dinas peternakan kota Anda untuk vaksinasi dan desinfektan rutin atau berkonsultasi dengan dokter hewan Anda.

Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebagai modal trading Ternak Bebek. Perlu dan sangat penting untuk diingat, kesabaran dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam beternak agar hasil panen yang kita peroleh maksimal dan memuaskan.

Baca juga : Cara Bisnis dan Peluang Perdagangan Ternak Ayam di Desa

Terlepas dari semua itu, Anda harus bisa merawat bebek dengan sabar karena bebek secara alami pemalu. Ingat, siapa yang rajin akan menuai. Selamat mengasuh anak.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.