Perhatikan Sebelum Kirim Lamaran Kerja Lewat Gmail

Perhatikan Sebelum Kirim Lamaran Kerja Lewat Gmail





Dalam membuat lamaran kerja secara online, Perhatikan Sebelum Kirim Lamaran Kerja Lewat Gmail. Terdapat hal penting yang harus kamu ketahui dalam mengirim lamaran kerja online melalui aplikasi Gmail.

Kirim Lamaran Kerja Lewat Gmail

kirim lamaran kerja lewat Gmail sangat membantu pelamar kerja dalam mencari pekerjaan. Tanpa dapat menulis pulang setiap akan melamar pekerjaan, kamu cukup menulis berkas lamaran tersebut hanya satu kali. Mengapa harus menggunakan Gmail yang melamar pekerjaan?

Kamu bisa memanfaatkan HP Android maupun komputer untuk mengirim pekerjaan lewat Gmail. Jika kamu menggunakan komputer buka websitenya Gmail.

Baca juga cara kirim lamaran kerja lewat Gmail di HP Android.

Definisi Gmail

Gmail merupakan layanan surel gratis milik Google. Kamu bisa memanfaatkan layanan surel Gmail ini dalam mencari pekerjaan. Sebelum melamar pekerjaan perhatikan beberapa hal sebelum kirim lamaran kerja lewat Gmail.

Tanpa kamu ketahui ternyata banyak perusahaan menerima lamaran pekerjaan lewat Gmail. Calon pelamar pun juga tidak sedikit memanfaatkan Gmail dalam mencari pekerjaan.

Alasan Kirim Lamaran Lewat Gmail

Terdapat beberapa alasan mengapa harus melewati Gmail untuk mendapatkan pekerjaan baru. Berikut alasan kirim lamaran kerja lewat Gmail :

  1. Tidak merepotkan tanpa harus datang ke ke kantor
  2. File atau berkas lamaran tersebut bisa dimanfaatkan kembali tanpa menulis ulang
  3. Bisa dikirim lewat HP Android maupun komputer
  4. Tidak terlalu memakan banyak kuota atau pulsa
  5. Gratis bisa dipakai kapan pun dan seberapa banyak pun untuk mencari pekerjaan
  6. Bisa digunakan sebagai surel pada umumnya dalam mengirim atau menerima pesan
  7. Dan masih banyak poin tambahan lainnya

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Kirim Lamaran Kerja

1. Perhatikan Nama Gmail Sesuai Nama Asli

Menggunakan nama profil di Gmail pernyataan penting untuk diperhatikan. Perusahaan pertama kali melihat berkas lamaran mu adalah nama profil di Gmail.

jangan sampai menggunakan nama atau username yang lebay bahkan tidak sesuai nama pelamar. Hal seperti ini akan mempersulit untuk diterima sebagai karyawan baru. pakan HRD atau perusahaan malas melihat berkas lamaran kamu.

Sebagai contoh lihat nama Gmail yang baik dengan alamat email kamu :

  • Nama asli : Miftakhurrohman
  • Alamat Gmail : Miftakhur.rohman94@gmail.com

2. Perhatikan Foto Profil Gmail Yang Sopan

Foto profil Gmail juga sangat mempengaruhi performa berkas lamaran kerja kamu. Terlebih penting foto yang dipakai adalah foto asli dan bukan Avatar lain.

lebih baik lagi gunakan foto Gmail yang sesuai dengan berkas lampiran di lamaran kamu.

Foto profil di Gmail yang baik adalah menggunakan m bergerak untuk laki-laki dan menghadap tegak lurus ke depan. Sedangkan untuk perempuan juga yang penting terlihat sopan dan tidak harus formal.

foto profil Gmail yang sesuai dengan lampiran berkas lamaran kerja akan terlihat profesional primata perusahaan. Apalagi menggunakan nama Gmail beserta surel alamat email sesuai dengan identitas asli.

3. Persiapkan Dokument Persyaratan Sebelum Dikirim

Perhatikan dokumen lampiran sebelum dikirim melalui Gmail. lampiran lamaran kerja yang baik pada umumnya adalah sebagai berikut :

  1. Pas Foto Terbaru
  2. Scan KTP
  3. Surat Lamaran Kerja
  4. CV / Daftar Riwayat Hidup
  5. Scan Ijazah Pendidikan
  6. Scan Transkrip Nilai ( Daftar Nilai )
  7. Scan Sertifikat Pendukung

Gunakan format dokument sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti surat lamaran kerja dan CV menggunakan “doc”, foto diri menggunakan format ” jpeg / png” dan hasil scan menggunakan format “pdf”.

4. Perhatikan Subjek Gmail Sesuai Kode Posisi Lowongan Kerja

Agar membantu perusahaan dalam memudahkan penyeleksian berkas lamaran kerja maka masukkan subject sesuai posisi yang dibutuhkan. biasanya perusahaan memiliki kode tertentu karena bertujuan agar mudah dalam memilah siapa saja yang melamar kerja.

Maka gunakan dan masukan subjek sesuai posisi yang dibutuhkan agar berkas mu lebih cepat untuk di review.

Agar membantu perusahaan menyeleksi kebutuhan posisi yang dicari ada baiknya seorang pelamar mencantumkan posisi jabatan pada subjek email.

5. Masukkan Kata Pengantar pada Body Email

Memasukkan kata pengantar pada body email sangat dibutuhkan. Email merupakan review awal yang dilihat oleh HRD atau perusahaan. Biasanya HRD males membuka berkas lamaran kerja tanpa konten di body email.

Jelaskan sekilas dengan poin penting mengapa kamu menginginkan posisi pekerjaan tersebut. Biasanya yang dicantumkan adalah :

  • Nama lengkap
  • Alamat atau domisili
  • Nomor telepon
  • Review singkat tentang dirimu yang membutuhkan posisi pekerjaan tersebut

Kesimpulan

terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kirim lamaran kerja lewat Gmail di Android. Terutama pada dalam proses sebelum pengiriman berkas melalui email. Gunakan nama, foto, berkas, subjek dan review singkat tentang dirimu.

Bysnis Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk informasi dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications