AkunIndeks

Peraturan Olahraga Bola Basket Menurut FIBA dan NBA

  • Bagikan
Peraturan Olahraga Bola Basket Menurut FIBA dan NBA

BYSNIS.COM : Aturan bola basket adalah prinsip yang mengatur dan mengontrol jalannya permainan. Aturan-aturan ini disusun, diratifikasi dan diterbitkan oleh FIBA ​​​​(Federation Internationale de Basketball), khususnya oleh Komisi Teknis, yang dikenal sebagai Aturan Bola Basket Resmi. Inilah Peraturan Olahraga Bola Basket Menurut FIBA dan NBA.

Aturan atau regulasi tersebut bukanlah satu-satunya aturan bola basket yang ada di dunia internasional, namun merupakan regulasi yang paling banyak digunakan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Sampai dengan tulisan ini dibuat, Peraturan Bola Basket Resmi edisi terbaru adalah edisi 2020 yang telah disetujui oleh Pengurus Pusat FIBA ​​​​dan resmi berlaku pada tanggal 1 Oktober 2020. Oleh karena itu, Sebagian besar referensi yang digunakan dalam makalah ini berasal dari Peraturan Resmi Bola Basket 2020.

Peraturan Olahraga Bola Basket

Aturan main bola basket dibuat dengan tujuan dan semangat untuk memberikan kesempatan bersaing yang adil dan seimbang bagi kedua tim yang bersaing. Aturan main adalah alat yang menentukan tingkat kebijaksanaan dan juga membatasi semua personel yang terlibat di dalamnya.

Oleh karena itu, seorang pelatih dan seorang pemain harus memahami dan memahami peraturan bola basket dengan baik. Mengapa demikian ? Ini agar Anda dapat mengintegrasikan pemahaman ini dengan sistem permainan di mana Anda akan melatih tim Anda. Misalnya, tidak mungkin seorang pelatih memberikan pola serangan yang mengharuskan pemain tiang berada di area lubang kunci lebih dari 3 detik (karena pemain akan terkena pelanggaran selama 3 detik).

Peraturan Bola Basket Resmi

Dalam permainan bola basket terdapat aturan-aturan yang menjadi dasar tim dan wasit serta tim yang mendukung pelaksanaan permainan bola basket. Berikut akan dijelaskan peraturan bola basket berdasarkan FIBA ​​(International Basketball Federation) dan NBA (National Basketball Association).

Peraturan olahraga bola basket mengenai perlengkapan dan perlengkapannya adalah sebagai berikut:

Aturan ukuran lapangan basket

Dalam peraturan bola basket, lapangan harus rata, memiliki permukaan yang keras dan bebas dari rintangan apapun. Untuk ukuran lapangan, ada perbedaan antara FIBA ​​​​dan NBA dalam hal panjang dan lebar. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Ukuran lapangan sesuai aturan FIBA
  2. Ukuran lapangan adalah panjang 28 meter dan lebar 15 meter.
  3. Diameter lingkaran tengah adalah 3,6 meter.
  4. Jarak garis 3 angka dari ring basket adalah 6,75 meter dari pusat lapangan dan 6,6 meter dari titik sudut.
  5. Tinggi standar ring basket adalah 3,05 meter atau sekitar 10 kaki dari jarak lemparan bebas 4,6 meter.
  6. Ukuran lapangan menurut aturan NBA
  7. Ukuran lapangan 28,65 meter dan lebar 15,24 meter.
  8. Diameter lingkaran tengah adalah 3,66 meter.
  9. Tinggi ring basket adalah 3,05 meter.
  10. Jarak garis 3 poin dari bola basket jauh lebih panjang, yaitu 7,24 meter untuk area tengah dan 6,7 meter dari sisi pojok.

Aturan Pemain Bola Basket

Aturan bola basket telah menetapkan bahwa setiap tim terdiri dari 12 orang, termasuk lima orang sebagai starter di lapangan yang sudah memiliki posisi dan tugas masing-masing, dan tujuh orang sebagai pemain pengganti. Lima pemain dari masing-masing tim akan berada di lapangan permainan selama waktu bermain dan dapat diganti oleh pemain pengganti. Seragam pemain dalam tim bola basket terdiri dari 2 yaitu :

  1. T-shirt dengan warna dominan yang sama pada bagian depan dan belakang. Semua pemain harus memasukkan jersey mereka ke dalam celana pendek mereka.
  2. Celana pendek dengan warna dominan yang sama di bagian depan dan belakang, tetapi tidak harus sama dengan warna jersey.
  3. Setiap tim harus memiliki 2 set seragam yaitu: seragam saat pertandingan di tempat sendiri (home) dan mengunjungi tempat lawan (away).
  4. Seragam kandang dan tandang harus berbeda warna.
  5. Menurut FIBA, penomoran seragam adalah 4-15. Sedangkan NBA adalah 0-99.
  6. Kaus kaki dengan warna dominan yang sama untuk semua pemain dalam satu tim dan dengan sepatu basket.
  7. Pemain memiliki nomor yang berbeda dan dilengkapi dengan nomor di dada dan punggung. Lebar dan tinggi dada adalah 10 cm x 20 cm ±, dan di bagian belakang 20 cm x 20 cm ±.
  8. Menggunakan dekker sebagai pelindung kaki dan strap tangan yang berukuran tidak lebih dari 5 cm.
  9. Dilarang menggunakan aksesoris tubuh seperti anting, kalung, cincin dan sejenisnya.

Baca juga : Download RPP Penjaskes Kelas 7 8 9 Doc SMP/MTs K13

Aturan tentang ukuran bola

Dalam peraturan olahraga bola basket terdapat beberapa peraturan yang harus diperhatikan untuk penggunaan bola dalam permainan dan juga pada saat diadakan pertandingan resmi. Berikut penjelasannya:

Ukuran standar bola basket

Ukuran standar bola basket yang digunakan untuk bermain harus memenuhi standar dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bola basket terbuat dari karet yang memiliki lapisan kulit.
  2. Berat Bola Basket: 600-650 gram.
  3. Keliling bola basket : 75-78 cm.
  4. Bola basket tekanan udara 4,26-4,61 psi, harus bisa melempar bola dengan ketinggian 120-140 cm.

Sebenarnya tidak ada perbedaan ukuran dan berat standar bola basket nasional dan internasional. Secara umum ukuran dan berat bola basket sudah memiliki aturan yang dikeluarkan oleh berbagai organisasi seperti FIBA, NBA, dan NCAA.

Meskipun telah di tetapkan secara internasional, ada beberapa perbedaan dari ukuran standar bola basket yang di tetapkan oleh FIBA, NBA dan NCAA:

  • Ukuran bola basket untuk standar nasional dan internasional memiliki ukuran lingkar tekanan udara bola basket 75cm sampai 78cm. Mengenai berat bola basket antara 600 gram dan 650 gram.
  • Ukuran standar bola basket FIBA. Menurut peraturan FIBA, ukuran bola basket yang di setujui adalah lingkar 749mm hingga 780mm dengan berat bola basket 567 gram hingga 650 gram.
  • Ukuran standar bola basket NBA. Untuk permainan NBA, ukuran bola basket yang di setujui adalah 749.3mm hingga 755.65mm dengan berat bola basket 623,7 gram /
  • Ukuran bola basket standar NCAA. NCAA menetapkan standar ukuran bola untuk lingkar bola 749,3 mm hingga 762 mm dengan berat bola basket 567 hingga 623,7 gram.

Ukuran bola basket untuk pertandingan resmi

Peraturan olahraga bola basket juga mengatur ukuran bola basket, yaitu untuk jenis permainan bola basket resmi, berat bola bukan merupakan ukuran, di gunakan tiga ukuran, antara lain 5,6 dan 7. Ukuran 7 di gunakan untuk pertandingan profesional, ukuran 6 di gunakan untuk pertandingan resmi tingkat SMA, sedangkan ukuran 5 untuk pertandingan resmi anak SD.

Peraturan Wasit Bola Basket, Ofisial Meja, dan Komisaris

Wasit bola basket terdiri dari seorang wasit, satu atau dua orang wasit, yang akan dibantu oleh petugas meja dan seorang komisaris.

Petugas meja berfungsi sebagai pencatat waktu dan pencatat waktu, sedangkan komisaris dalam permainan bola basket bertugas mengawasi pekerjaan petugas meja dan membantu wasit dan wasit dalam memfasilitasi permainan.

Wasit dan petugas meja berpakaian seragam, terdiri dari baju wasit, celana pendek hitam, kaos kaki hitam, dan sepatu basket putih. Dalam suatu pertandingan, wasit yang bertugas tidak boleh memiliki hubungan dengan kedua tim di lapangan permainan.

Baca juga : RPP Penjaskes Kelas 7 doc Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Aturan waktu permainan bola basket

Dalam peraturan permainan bola basket terdapat dua aturan waktu yaitu waktu kedatangan dan waktu pertandingan. Aturan waktu kedatangan saat persiapan sebelum pertandingan di mulai adalah pemain harus hadir 30 menit sebelum pertandingan di mulai.

Sedangkan pada permainan bola basket terdiri dari 4 periode masing-masing sepuluh menit (4 × 10 menit). Antara periode pertama dan kedua (babak pertama) ada jeda dua menit antara permainan, serta antara periode ketiga dan keempat (babak kedua), dan sebelum setiap periode tambahan.

Jeda antara babak pertama dan kedua adalah 15 menit. Sebelum pertandingan di mulai, ada waktu 20 menit yang di gunakan untuk pemanasan para pemain. Jika terjadi seri pada akhir periode waktu bermain keempat, pertandingan akan di lanjutkan dengan periode tambahan lima menit jika di perlukan untuk menemukan selisih poin.

Tim dan perlengkapan bola basket

Basket juga kompatibel dengan tim dan tim lain, yaitu:

  • Jam pertandingan
  • penanda
  • Jam dua puluh empat (24) detik
  • Stopwatch atau peralatan yang sesuai (terlihat), untuk mengukur waktu habis (bukan jam permainan)
  • Dua sinyal suara independen di bedakan dengan jelas dan kuat
  • lembar skor
  • Pemain pelanggaran penunjuk
  • Kurangnya peralatan
  • Panah kepemilikan bergantian
  • Pencahayaan yang memadai

Aturan main bola

  • Skor dihitung jika bola masuk ke ring tim lawan.
  • Memegang bola basket harus di antara telapak tangan.
  • Pemain dapat melempar bola ke segala arah (selama tidak meninggalkan lapangan permainan). Tapi memukul bola dilarang.
  • Pemain tidak dapat membawa bola lebih dari 3 langkah tanpa menggiringnya.
  • Jika bola keluar lapangan oleh lawan, maka pemain melakukan lemparan ke dalam dalam waktu 5 detik setelah bola berada di tangan pemain. Jika lebih dari 5 detik, lawan diberikan lemparan ke dalam.
  • Tim yang paling banyak mencetak bola di ring adalah tim yang memenangkan pertandingan.

Pelanggaran permainan bola basket

Menyentuh adalah menyentuh tangan pemain lawan saat pemain lawan hendak menembak ke dalam ring. Pelanggaran.

  • Pushing adalah mendorong pemain lawan saat hendak menembak ke dalam ring.
  • Melompat adalah gerakan melompat sambil melempar bola, padahal bukan.
  • Travelling adalah bergerak lebih dari 3 langkah dengan bola tanpa menggiring bola.
  • Technical foul adalah memprotes keputusan wasit yang telah di tentukan.
  • Unspotmantlike Foul adalah tindakan tidak sportif yang seolah-olah ingin melukai pemain lawan.
  • Defensive foul adalah pelanggaran yang di lakukan oleh lawan terhadap pemain yang sedang bertahan.
  • Personal foul adalah setiap pemain di batasi maksimal 4 pelanggaran, jika melebihi dia akan di diskualifikasi.
  • Pelanggaran ofensif adalah ketika pemain lawan menyerang, pemain melakukan pelanggaran.
  • Tim foul adalah tendangan bebas yang di berikan oleh wasit jika tim lawan melakukan 5 pelanggaran.
  • Pelanggaran 3 detik adalah ketika pemain melakukan serangan, kemudian tidak melakukan lemparan bebas ketika 3 detik telah berlalu.
  • Pelanggaran 8 atau 10 detik adalah pelanggaran yang di lakukan oleh seorang pemain ketika dia melakukan
  • serangan dan tidak menembak atau mengoper bola setelah 8 atau 10 detik berlalu.
  • Pelanggaran 24 atau 30 detik adalah pelanggaran yang di lakukan oleh seorang pemain ketika dia melakukan serangan dan tidak menembak ke dalam ring lawan setelah 24 atau 30 detik telah berlalu.
  • Back Ball adalah setelah menggiring bola di luar area tim Anda, tetapi kemudian mengoper atau dribbling kembali ke area tim Anda.

Demikian peraturan lengkap olahraga bola basket yang telah di jelaskan. Bisa bermanfaat untuk anda semua.

  • Bagikan