Pengertian dan Asal Usul Sepak Bola Penjaskes

Pengertian Dan Asal Usul Sepak Bola Penjaskes

BYSNIS.COM – Pengertian dan Asal Usul Sepak Bola Penjaskes – Dalam Buku Siswa dan Guru Kelas VII Sekolah Menengah (SMP/MT), Kurikulum 2013 terdiri dari 10 mata pelajaran yang berisi bab-bab yang saling berhubungan dengan pembelajaran PJOK untuk setiap babnya.

Berikut ringkasan materi cg 1 untuk kegiatan pembelajaran permainan bola besar, dengan kegiatan pembelajaran permainan bola besar melalui materi permainan sepak bola.

Aktifitas Permainan Sepak Bola

Lewat permainan sepak bola Siapa di antara Anda yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat? Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat dan kuat. Agar tubuh kita sehat dan kuat, kita harus berolahraga secara teratur.

Apa olahraga favorit Anda? Apakah sepak bola salah satu olahraga favorit Anda? Seberapa teknis sepak bola? Untuk membantu Anda memahami permainan sepak bola, silakan pelajari materi dalam bab ini dengan cermat!

Pengertian dan Asal Usul Sepak Bola

Sekarang baca tentang pengertian dan Asal Usul Sepak Bola berikut ini. Sepak bola adalah permainan yang di mainkan dengan cara menendang bola kesana kemari untuk para pemainnya bertarung, dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawangnya sendiri agar tidak kemasukan bola.

Dalam permainan ini, setiap pemain dapat menggunakan semua anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang dapat memainkan bola dengan kaki dan tangan di area gawang. Sepak bola adalah permainan dua tim, masing-masing terdiri dari sebelas pemain.

Permainan sepak bola di mainkan dalam dua babak (2×45 menit) dengan istirahat 10 menit di antara kedua babak. Kita mengenal beberapa nama untuk sepak bola.

Asal Usul Sepak Bola, Di Tiongkok kuno selama di nasti Han, sepak bola di kenal sebagai tanchu. Negara Italia pada zaman Romawi di kenal sebagai haspartun, di Prancis kemudian menyebar ke Normandia dan Inggris Raya (Inggris), yang di kenal sebagai choule. Di Yunani Kuno istilah epishyros di kenal dan di Jepang di kenal sebagai Kemari.

Pada tanggal 26 Oktober 1863, sebuah badan yang di sebut “Asosiasi Sepak Bola Inggris” di dirikan. Pada tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepak bola modern yang di susun oleh badan tersebut, yang mengalami perubahan dalam perkembangannya.

Atas prakarsa Guerin (Prancis), pada tanggal 21 Mei 1904, sebuah federasi sepak bola internasional di dirikan dengan nama “Federasi Internasional Asosiasi Sepak Bola” (FIFA).

Atas prakarsa Julies Rimet, pada tahun 1930 kejuaraan dunia sepak bola pertama di adakan di Montevideo, Uruguay.

Kejuaraan dunia sepak bola di adakan setiap 4 tahun sekali. Pada tanggal 19 April 1930, Asal Usul Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di bentuk di Yogyakarta dengan dukungan semua pihak.

Sidang pertama PSSI di pimpin oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Mulai tahun 1966 di selenggarakan kejuaraan sepak bola remaja tingkat taruna dengan nama “Copa Soeratin” (Piala Soeratin). Sumber: www.pssi-football.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.