Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Harus Hindari dan Waspadai

  • Bagikan
Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Harus Hindari dan Waspadai

BYSNIS.COMHipertensi atau darah tinggi adalah salah penyebab munculnya penyakit di dalam tubuh. Jika kamu tidak menanganinya, bisa muncul berbagai penyakit mematikan seperti jantung koroner, gagal ginjal dan yang sering terjadi adalah stroke. Kamu dapat terkena karena hal simpel seperti makanan. Oleh karena itu, penting sekali untuk  kamu mengetahui jenis makanan penyebab darah tinggi.

Jenis-jenis Makanan Penyebab Darah Tinggi

Hipertensi adalah penyakit yang dikenal dan dapat menyerang siapa saja. Tentu saja, wanita juga mengalaminya. Umumnya hipertensi akan meroket jika mencapai 140/90 mmHg.

Anda pasti mengalami kesulitan menyadari bahwa Anda sedang mengalaminya. Masalah kesehatan ini tidak memiliki gejala khusus.

Anda mungkin melihat beberapa, seperti tanda-tanda sering pusing atau sakit kepala, sering gelisah, dan sakit leher. Jika Anda merasa mudah untuk melampiaskan amarah, maka telinga berdenging dan sesak napas mungkin merupakan salah satu tandanya. Indikator lainnya adalah jika Anda mengalami insomnia, mata pusing, dan mimisan.

Anda harus dapat menemukan cara untuk menghindari hipertensi dengan menyesuaikan pola makan Anda untuk hari itu.

Anda bisa melihat daftar jenis makanan berbahaya sebagai berikut:

Makanan yang menyebabkan tingginya kadar lemak jenuh dalam darah

Makanan penyebab tekanan darah tinggi umumnya berasal dari makanan yang tinggi lemak jenuh. Anda boleh memakannya asalkan tidak berlebihan karena akan memicu penyakit ini dan juga masalah jantung.

Garam olahan natrium tinggi

Menambahkan garam natrium secara berlebihan berpotensi meningkatkan risiko terkena hipertensi. Beberapa contohnya adalah kue kering, keripik kentang, kerupuk, dan makanan kering yang asin. Di balik jahatnya makanan ini, bahkan bisa meningkatkan risiko tertular kanker.

Proses yang diawetkan

Saat Anda makan makanan kaleng, rasanya praktis. Namun perlu Anda pahami bahwa dendeng, acar sayur dan buah, ikan asing, pindang, telur ceplok, asin, kecuali kacang tanah, udang kering atau udang adalah makanan kaleng yang mungkin menjadi penyebabnya. dari masalah hipertensi. Tekanan darah akan naik ketika Anda terlalu banyak dan Anda sangat suka memakannya.

Makanan penyebab darah tinggi dari protein hewani

Ada juga makanan olahan protein hewani seperti mentega, keju, mayonaise, susu murni dan beberapa lainnya yang memiliki kadar kolesterol tinggi, misalnya daging sapi merah atau kambing, kulit ayam dan kuning telur ayam adalah makanan yang menimbulkan tekanan. darah tinggi Hal ini karena mengandung lemak jenuh yang buruk bagi tubuh.

Baca juga : 9 Arti Mimpi Memakan Kalajengking Menurut Primbon

Gula

Soda, hot dog, sarden, sayuran kaleng dan buah-buahan, dan makanan kaleng lainnya juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang parah. Makanan ini sering mengandung kelebihan gula sintetis. Anda juga bisa menjadi gemuk jika Anda rakus dan suka mengkonsumsinya.

Alkoholik

Selain makanan kaleng, makanan dengan kandungan alkohol, seperti durian dan lakban, bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi makanan beralkohol juga dapat meningkatkan potensi kerusakan arteri yang menyebabkan masalah penyakit jantung. Bagian terburuknya adalah jika Anda adalah pengguna alkohol aktif, masalah kesehatan yang lebih serius dapat muncul.

Bumbu Penyedap Rasa

Bumbu seperti kecap, micin, terasi, sambal, saus tomat, dan bumbu lainnya, meski sepele, bisa membuat Anda mengalami hipertensi. Hal ini dikarenakan kandungan garam natrium yang berlebih di dalamnya.

Pembuluh darah dan arteri bisa rusak. Terakhir, Anda tidak hanya memperburuk masalah hipertensi, tetapi juga meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Junk Food

Makanan penyebab darah tinggi lainnya adalah junk food. Meskipun rasanya enak, pangan jenis ini biasanya mengandung lemak jenuh tinggi. Contohnya adalah humberger, pizza, mie instan, kentang goreng, ayam goreng, dan beberapa makanan cepat sajin lainnya. Lebih baik hindari makanan semacam ini.

Pola Konsumsi Sehat Untuk Cegah Darah Tinggi

Selain menghindari makanan penyebab tekanan darah tinggi, Anda juga harus mengubah dan menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Melakukannya akan membantu menjaga tekanan darah Anda di bawah ambang batas 140/90 mmHg.

Yang bisa Anda lakukan adalah makan makanan sehat. Variasi makanan ini tidak hanya bermanfaat untuk pencegahan, tetapi juga bagi mereka yang menderita hipertensi. Berikut beberapa rekomendasi makanan sehat untuk Anda:

Baca juga : Pertanda Mimpi Makan Mangga Matang Menurut Primbon

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kubis, kubis dan bayam, menurut penelitian dari Harvard Medical School, sangat kaya akan magnesium dan potasium. Perlu Anda ketahui bahwa tubuh membutuhkan kedua mineral ini karena dapat berperan sebagai penstabil untuk mengontrol tekanan darah.

Nutrisi yang ada dalam sayuran berdaun hijau ini biasanya merupakan bagian penting dari pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi atau diet DASH. Diet DASH bertujuan, tentu saja, untuk menjaga tekanan darah normal.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya kalium agar metabolisme tubuh lebih efisien. Pada akhirnya, Anda bisa membuang kelebihan natrium yang diserap ke dalam tubuh. Di sisi lain, keberadaan magnesium dalam semua sayuran hijau dapat meningkatkan kerja jantung untuk mengedarkan darah yang sehat.

Makan sayuran hijau tidak hanya menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi juga dapat membuat kantong Anda tidak terkuras. Selain itu, sangat mudah bagi orang Indonesia untuk mendapatkan sayuran dan terkadang gratis jika ingin menanamnya di kebun mereka.

Daripada mengonsumsi makanan penyebab tekanan darah tinggi yang terkadang memakan biaya banyak, Anda bisa mulai menabung dengan pola hidup sehat.

Bit

Makanan Penyebab Darah Tinggi adalah bit. Biasanya buah ini diolah menjadi jus. Setiap 8 ons jus bit dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sekitar 10 mmHg.

Juga, bagi Anda yang terus mengalami tekanan darah tinggi, bit sangat cocok. Mengandung nitrat yang dapat diubah menjadi nitric oxide (NO). Zat ini berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah, sehingga memudahkan terjadinya pendarahan.

Anda dapat dengan mudah menemukan bit di toko kelontong terdekat di daerah Anda. Mulai mengujinya.

Brokoli

Selain sayuran berdaun hijau yang telah disebutkan, sayuran hijau sehat lainnya adalah brokoli. Sayuran mirip pohon ara ini mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Misalnya, mineral yang mengatur tekanan darah, kalsium, magnesium, kaya akan potasium.

Dengan Anda melakukan diet, mengonsumsi brokoli secara berkelanjutan dapat membantu mengurangi hipertensi, stroke, dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, brokoli sangat kaya akan senyawa yang dapat membantu mengurangi kerusakan arteri. Ini memainkan peran penting dalam mengendalikan tekanan darah tinggi.

Baca juga : 9 Arti Mimpi Memakan Kalajengking Menurut Primbon

Putih telur

Perlu Anda ketahui juga bahwa putih telur bisa menjadi Makanan Penyebab Darah Tinggi. Makan putih telur diyakini sebanding dengan mengonsumsi kaptopril dosis rendah, yang merupakan obat tekanan darah tinggi.

Pisang

Pisang adalah buah murah yang banyak orang tidak menyadarinya. Buah ini kaya akan potasium. Dalam sebuah pisang hanya bisa mengandung sekitar 420 miligram potasium. Angka ini cukup untuk sekitar 11 persen dari 4.700 miligram yang dibutuhkan per hari menurut rekomendasi American Heart Association.

Anda dapat dengan mudah menemukan pisang di Indonesia. Anda bisa membelinya di pasar atau di supermarket. Harganya juga sangat ekonomis. Anda bisa menggunakan pisang sebagai alternatif konsumsi jika ingin mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi, daripada minum obat.

Bawang putih

Anda tentu tidak menyangka bawang putih bisa menjadi antihipertensi. Anda dapat mencoba menggunakan resep bawang putih tidak hanya untuk memasak, tetapi untuk mengatasi hipertensi. Antibiotik alami ini mengandung allicin yang sangat baik untuk pembuluh darah. Itu bisa membuat pembuluh darah lebih besar sehingga aliran darah lebih lancar.

Baca juga : Arti Mimpi Makan Ketan Menurut Islam dan Primbon

Semangka

Semangka segar dan berair kaya akan asam amino citrulline, yang sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah. Dengan mengkonsumsi ekstrak buah ini, Anda dapat menurunkan tekanan darah, terutama pada pergelangan kaki dan pembuluh darah di lengan.

Menghindari makanan penyebab tekanan darah tinggi dan beralih ke makanan sehat lainnya adalah langkah awal untuk memiliki tubuh yang baik. Pola konsumsi juga bisa diubah dengan meluangkan waktu untuk berolahraga. Selain itu, menanamkan anjuran bahwa nutrisi adalah hal yang paling penting, bukan rasa suatu makanan, dapat mendorong Anda untuk lebih aktif dalam menerapkan pola hidup sehat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.