7 Kesalahan Pelamar Kerja Ketika Melamar Pekerjaan

  • Bagikan
7 Kesalahan Pelamar Kerja Ketika Melamar Pekerjaan

BYSNIS.COM – Apa Saja Kesalahan Ketika Melamar Pekerjaan yang Sering Terjadi? Banyak calon pelamar kerja yang tidak memperhatikan bagaimana mereka ketika mengirim berkas lamaran kerja. Pelajari 7 Kesalahan Pelamar Kerja Ketika Melamar Pekerjaan.

Kesalahan Pelamar Kerja Ketika Melamar Pekerjaan

1. Kesalahan Pelamar Kerja Tidak Meningkatkan Skill

Skill atau kemampuan adalah salah satu syarat penting. Sayangnya, masih banyak para pelamar kerja yang tidak meningkatkan skill dan membuat gagal. Oleh sebab itu, tidak meningkatkan skill atau kemampuan merupakan kesalahan pelamar kerja yang paling fatal.

Jika ingin menjadi kandidat utama oleh perusahaan yang akan kamu lamar, kamu harus menunjukkan skill yang kamu miliki. Tapi ketika kamu tidak bisa menunjukkan skill yang kamu miliki, maka siap-siap saja mendapat tolakan dari perusahaan tersebut.

Mulai dari sekarang, kamu haru meningkatkan skill dengan mengikuti beberapa kursus yang sesuai dengan passion yang kamu miliki. Selain itu, juga jangan pernah merasa puas dengan skill yang kamu miliki saat ini.

2. Tidak Mencari Tahu Informasi Lebih Dalam

Kesalahan pelamar kerja selanjutnya adalah tidak mencari tahu informasi lebih dalam. Padahal informasi tersebut memiliki peran penting untuk karir kamu nantinya.

Jika ingin jadi kandidat terbaik, kamu tidak boleh hanya fokus dengan informasi lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Carilah informasi yang lebih dalam dari perusahaan, misalnya budaya perusahaan tersebut. Hal ini akan jadi pertimbangan buat kamu ketika lolos interview.

Perusahaan yang memiliki budaya yang baik dan nyaman tentu akan membuat kamu betah dan nyaman.

Tidak hanya itu, mencari informasi lebih dalam juga bertujuan agar kamu tidak tertipu oleh perusahaan abal-abal. Apalagi di era digital sekarang, banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengiklankan lowongan pekerjaan tidak jelas. Maka dari itu, jadilah calon kandidat yang cerdas.

3. Menggunakan format CV yang tidak sesuai

CV atau resume merupakan dokumen penting saat melamar pekerjaan. Dokumen ini bukan sekedar formalitas, karena HRD akan melakukan seleksi dengan membaca CV atau resume yang dikirimkan. Semakin baik format CV yang Anda gunakan, HRD akan semakin tertarik dengan Anda.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan format CV yang tidak sesuai, peluang Anda untuk lolos ke tahap wawancara akan tipis. HRD umumnya lebih berhati-hati dan menggunakan teknologi untuk menghemat waktu dalam proses perekrutan.

Oleh karena itu, tuliskan poin-poin penting yang berkaitan dengan keterampilan dan pencapaian Anda untuk dipertimbangkan.

Baca juga : 4 Aplikasi Chat Global Gratis Sering Orang Pakai

4. Tidak melakukan persiapan wawancara

Salah satu kesalahan paling umum yang ditemukan pelamar kerja adalah persiapan wawancara yang buruk. Meskipun wawancara merupakan bagian penting dari proses perekrutan untuk memenangkan hati para pewawancara.

Tentunya proses ini memiliki peluang besar bagi Anda untuk melanjutkan ke tahap perekrutan berikutnya.

Jika Anda adalah lulusan baru, untuk menghindari gugup selama proses wawancara, berlatih mengasah keterampilan wawancara Anda. Luangkan waktu untuk melatih intonasi suara, kosa kata yang tepat, ekspresi, dan gerak tubuh atau bahasa tubuh.

Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik peluang Anda untuk melewati tahap ini. Di sisi lain, jika Anda malas untuk mempersiapkan wawancara, Anda memiliki lebih sedikit peluang atau bahkan gagal karena Anda tidak dapat memenangkan hati para pewawancara.

5. Jangan tanya saat wawancara

Bahkan pada tahap wawancara, tidak menanyakan kapan pewawancara memberi Anda kesempatan untuk bertanya adalah kesalahan pencari kerja yang belum memiliki budaya yang baik.

Meskipun kesempatan ini merupakan evaluasi tambahan oleh pewawancara, jika Anda benar-benar serius dan tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang Anda lamar.

Tunjukkan keseriusan Anda dengan mengajukan setidaknya tiga pertanyaan kepada pewawancara tentang posisi yang Anda lamar atau bahkan tentang perusahaan. Intinya, pertanyaan yang Anda ajukan adalah tentang perusahaan dan pekerjaan Anda di masa depan.

Baca juga : Perhatikan Sebelum Kirim Lamaran Kerja Lewat Gmail

6. Gunakan koneksi

Tidak semua lowongan pekerjaan di posting secara online. Beberapa perusahaan diam-diam membuka lowongan pekerjaan. Di sinilah pentingnya memiliki koneksi agar Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Namun, tidak semua pencari kerja memanfaatkan koneksi di sekitar mereka dengan baik. Ini adalah kesalahan pelamar kerja yang juga akan mempengaruhi karirnya di kemudian hari.

Sebab, lamaran kerja yang disertai dengan referensi koneksi bisa membuat peluang Anda lebih tinggi dibandingkan kandidat lainnya.

Jadi bagaimana Anda mendapatkan koneksi saat Anda masih belum cukup profesional? Untuk melakukan ini, buatlah daftar semua orang yang Anda kenal yang memiliki peran penting dalam pencarian pekerjaan Anda. Kemudian hubungi koneksi tersebut.

7. Kesalahan Pelamar Kerja Tidak Sesuai Minat

Setiap lowongan pekerjaan memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan tersebut, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk mengajukan lamaran kerja ke perusahaan tersebut.

Ini hanya akan membuang waktu Anda untuk pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian Anda.

HRD atau perekrut akan melakukan proses seleksi kandidat. Mereka akan menyeleksi kandidat yang memenuhi kriteria perusahaan untuk tahap selanjutnya. Jika Anda tidak memenuhi kriteria tersebut, Anda pasti akan gagal dan tidak akan dapat melanjutkan ke tahap wawancara.

Mulai sekarang, berhentilah mengirimkan lamaran ke semua lowongan yang kriterianya tidak sesuai dengan Anda.

Jika tidak ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian atau passion Anda, manfaatkan waktu luang tersebut untuk mengupgrade skill dan kualitas Anda sebagai bekal nantinya.

Baca juga : Cara Posting Lowongan Kerja di Facebook untuk Rekrut Karyawan

Kesalahan apa yang pernah anda lakukan ketika melamar pekerjaan?

Di antara 7 kesalahan yang dilakukan pelamar kerja sebelumnya, mana yang sering Anda lakukan? Mulai sekarang, hentikan kesalahan-kesalahan tersebut karena akan berdampak besar pada karir Anda di masa depan.

Selain itu, Anda juga harus memperbaiki kesalahan tersebut agar bisa segera mendapatkan pekerjaan impian.

Meski butuh perjuangan dan proses yang panjang, Anda akan mendapatkan pekerjaan dengan rekam jejak tidak melakukan kesalahan tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *