Ciri-Ciri Mortar Berkualitas dan Apa itu Mortar?

Miftakhur Rohman
Ciri-Ciri Mortar Berkualitas Dan Apa Itu Mortar?
Ciri-Ciri Mortar Berkualitas dan Apa itu Mortar?

Baca juga: 7 Perbedaan Batu Mortar dan Semen dengan Jenis-jenis Batu Mortar

Jangan pernah menyamakan beton dengan mortar karena fungsinya jelas berbeda. Beton tidak dapat digunakan sebagai perekat, tetapi hanya sebagai substrat.

Bagaimana ciri-ciri mortar yang berkualitas?

Saat Anda menjelajahi toko bangunan, Anda akan melihat berton-ton mortar yang dikemas dalam tas. Anda harus memahami sifat-sifat mortar yang berkualitas agar tidak salah pilih. Sebagai pemilik proyek, Anda tentu menginginkan bahan bangunan yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan, bukan?

Saat memilih bahan bangunan ini, perhatikan Ciri-Ciri Mortar Berkualitas dan Apa itu Mortar?:

  1. Adhesi tinggi. Mortar berkualitas dapat merekatkan semua bahan bangunan, mulai dari batu bata, kerikil dan lain-lain.
  2. Anti air. Mortar yang baik harus kedap air untuk mempertahankan daya rekatnya. Bahan bangunan yang terpasang akan menempel meskipun terkena rembesan air.
  3. Mudah digunakan. Mortar harus fleksibel agar dapat diaplikasikan pada semua bidang permukaan bangunan. Proses pencampuran mortar berkualitas seharusnya tidak rumit, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.
  4. Berkelanjutan. Mortar tidak membuat dinding lebih mudah retak. Selain itu, bahan bangunan dapat menempel lebih lama.
  5. Mampu menahan beban. Bahan bangunan yang direkatkan memiliki bobot yang berbeda. Mortar harus mampu menahan beban bangunan agar tidak mudah lepas.

Semoga penjelasan tentang Ciri-Ciri Mortar Berkualitas dan Apa itu Mortar? pada artikel ini dapat membantu pemahaman anda tentang bahan bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.