Bisnis  

Cara Memasarkan Produk Ternak Ikan Lele Secara Efektif

Shuttersock
Cara Memasarkan Produk Ternak Ikan Lele Secara Efektif

Tidak bisa dipungkiri bahwa usaha lele merupakan salah satu jenis usaha yang sangat potensial untuk dijalankan. Inilah Cara Memasarkan Produk Ternak ikan Lele agar lebih efektif.

Ikan lele merupakan salah satu jenis usaha penangkapan ikan yang mudah untuk di kelola mengingat ikan jenis ini merupakan salah satu jenis ikan yang mudah di pelihara.

Memberi makan juga tidak menjadi masalah saat memelihara ikan ini, karena ikan ini termasuk semua pemakan makanan. Kalaupun ada kesulitan biasanya terjadi saat pemasaran.

Petani lele skala besar terkadang kesulitan untuk menjual produknya.

Banyaknya produksi ikan lele yang di hasilkan dan terkadang memiliki variasi ukuran yang berbeda-beda, menuntut pembudidaya untuk memperhatikan aspek pemasaran ini.

Baca juga : Peluang Usaha di Pedesaan dengan modal Kecil

Oleh karena itu, petani juga harus tahu cara memasarkan produk ternak Ikan lele agar tidak mengalami kebingungan saat ingin menjual hasil panennya.

Cara Memasarkan Produk Ternak Ikan Lele Secara Efektif

Tujuan pemasaran yang tepat dapat memberikan keuntungan yang menggiurkan bagi petani. Oleh karena itu, strategi pemasaran menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh pembudidaya ikan lele.

Di bawah ini adalah informasi tentang cara memasarkan produk ternak lele.

1. Tawarkan ke Pecel Lele

Ini adalah salah satu cara yang paling tepat untuk menjual lele Anda, yaitu memasarkannya ke penjual pecel ikan lele. Hal ini disebabkan banyaknya penjual ikan lele di negara ini.

Di berbagai kota di Indonesia, hampir semuanya memiliki penjual makanan ini. Makanan yang satu ini juga merupakan salah satu jenis masakan seribu orang yang digemari oleh semua kalangan.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bekerjasama dengan para penjual pecel lele. Menjadi pemasok mereka akan memudahkan Anda dalam memasarkan hasil panen ikan lele Anda.

2. Penawaran sebagai Penyedia Pasar

Tidak hanya sering dijual sebagai jajanan kaki lima, lele juga menjadi makanan yang sangat digemari oleh rumah tangga. Rasanya yang gurih, harga yang terjangkau dan kandungan gizi yang tinggi membuat ikan ini banyak diminati di pasaran.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk masuk sebagai pemasok ikan lele di pasar-pasar. Banyaknya pedagang selain kecil akan menjadi peluang tersendiri untuk berdagang ikan lele di pasar.

Baca juga : Peluang Usaha Jual Es Tebu dengan Rinciannya

3. Penawaran ke Produsen Pakan Lele

Saat ini sudah banyak perusahaan makanan yang menggunakan ikan lele sebagai bahan bakunya. Mulai dari bisnis kerupuk lele, abon lele, dendeng lele, nugget lele, dan bakso lele tersedia di zaman ini.

Anda dapat memanfaatkan kondisi ini untuk menawarkan ikan lele Anda kepada produsen makanan tersebut. Karena dalam bisnis ini pasokan bahan baku sangat penting.

Tawarkan kerjasama agar Anda bisa menjadi pemasok bahan baku untuk bisnis Anda.

4. Kerjasama dengan kolektor

Bekerja sama dengan pengepul adalah cara yang sangat praktis untuk memasarkan produk ternak ikan lele Anda. Ada banyak cara untuk bertemu kolektor.

Terkadang pengumpul sendiri akan menawarkan untuk bekerja sama ketika mereka mengetahui bahwa Anda sedang membudidayakan ikan lele.

Saat menjalin kerjasama, perhatikan penawaran harga yang diberikan. Jika perlu, cari beberapa kolektor sehingga Anda dapat membandingkan harganya.

Baca juga : Jenis Peluang Usaha Industri 4.0 Kecil dan Menengah

5. Pemrosesan sendiri

Kondisi ikan lele. kegemukan akan menyulitkan petani untuk menjualnya. Jika Anda kesulitan mencari usaha yang menggunakan bahan baku ikan lele, Anda bisa berinisiatif mengolahnya sendiri.

Anda bisa membuatnya menjadi nugget lele, kerupuk lele, atau abon lele agar lele tetap memiliki nilai komersial yang tinggi.

6. Kerjasama dengan Restoran

Selain bisa memasarkan ke pedagang ikan pecel lele, anda juga bisa menawarkan lele anda ke depot atau rumah makan. Tak sedikit depot dan resto yang juga menawarkan hidangan dengan bahan dasar ikan lele.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan ikan lele Anda kepada mereka.

Baca juga : Arti Mimpi Es Krim; Makan, Melihat, Membeli, Menjual Es Meleleh

7. Cara Memasarkan Produk Ternak Ikan Lele dengan Kerjasama dengan Supermarket

Karena banyaknya peminat ikan lele, maka tidak heran jika ikan ini juga menjadi salah satu produk ikan di supermarket.

Mampu memasuki pasar ini akan menjadi keuntungan besar bagi Anda. Karena supermarket biasanya menawarkan harga lebih untuk Anda.

Itu dia cara memasarkan produk ikan ternak Ikan lele bisa Anda lakukan. Strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.