Berapa Ukuran Gawang Sepak Bola dalam Penjaskes

Berapa Ukuran Gawang Sepak Bola Dalam Penjaskes

BYSNIS.COM – Dalam sepak bola, gol merupakan komponen yang sangat di perlukan dan sangat penting dalam sebuah pertandingan sepak bola. Sepak bola membutuhkan dua gol yang bertindak seperti bola ketika seorang pemain mencetak gol. Berapa Ukuran Gawang Sepak Bola dalam Penjaskes.

Apa tujuan sepak bola?

The Football Goal adalah hasil dari konferensi FA pada bulan Desember 1882, ketika sejarah goal football di mulai. Pada konferensi itu di putuskan bahwa tujuannya adalah untuk menyelesaikan sepak bola dengan dua tiang paralel dan bahwa aturannya akan diputar.

Selama konferensi itu juga di putuskan bahwa jarak antara dua palang sejajar ini adalah 8 yard kali 8 kaki tingginya.

Sejak itu, tiang gawang di pasang di semua lapangan sepak bola. Pada awal penggunaannya, gawang ini tidak di lengkapi dengan jaring atau sarang bola.

Ada kelemahan menggunakan gol di hari-hari awal yang seringkali sulit untuk menentukan apakah ada gol atau tidak, terutama jika bola dilempar terlalu cepat.

Masalah ini kemudian berhasil dipecahkan oleh Brodie, sebuah perusahaan berbasis Liverpol yang mematenkan penggunaan jaring/jaring untuk sasaran.

Ukuran gawang menurut standar sepak bola

Standar gawang sepak bola nasional internasional FIFA adalah:

Ukuran gawang sepak bola, ukuran gawang tingginya 2,44 m, sedangkan panjangnya 7,32 m. Panjang dan tinggi gawang dihitung dari tepi dalam gawang dan palang atas.

Nah, jaring di pintu ini memiliki ukuran lubang yang cukup tipis, yaitu 10cm. Ukuran ini cukup untuk menangkap bola dan tidak terlalu jauh dari lapangan.

Bentuk gawang, sebuah gawang yang di tempatkan di tengah setiap gawang, terdiri dari dua tiang berdiri dan sebuah mistar gawang yang melekat padanya. Ada juga jaring agar bisa menampung bola dan tidak melewati garis gawang.

Mengenai ketahanan gawang, besi atau bahan yang telah di setujui FIFA dapat di gunakan sebagai bahan palang dan palang, asalkan tidak membahayakan pemain. Terutama penjaga gawang, bentuknya elips dan berwarna putih.

Dalam hal durabilitas, gawang tidak boleh bergerak selama pertandingan. Tujuannya tertanam di tanah atau hanya di lapangan. Selain itu, gawang harus dekat dengan mistar dan ke tanah serta tidak boleh mengganggu pertahanan penjaga gawang.

Nah itulah penjelasan ukuran gawang sepak bola standar nasional dan internasional jika anda tertarik dan ingin membangun lapangan sendiri atau hanya ingin tahu seperti apa bentuk gawang standar FIFA.

Juga, jika Anda benar-benar ingin membuat bidang Anda sendiri, Anda dapat membuat perubahan pada ukuran Anda sendiri atau membandingkannya dalam skala yang lebih kecil.

Tinggi gawang sepak bola menurut FIFA

Ketinggian gawang sepak bola diukur dari bagian bawah mistar gawang. FIFA telah menetapkan aturan standar untuk ketinggian standar gawang sepak bola.

Setiap gol di lapangan sepak bola harus mengikuti aturan ini sebagai ketentuan resmi FIFA, tidak lebih dan tidak kurang. Tergantung pada usia pemain dan jenis permainan sepak bola, ada pembagian yang berbeda dalam hal ketinggian tiang gawang. Departemen ini meliputi:

  • Tinggi Gol Sepak Bola Dewasa / Profesional = 2,44 meter atau 244 cm atau 2,7 meter atau 8 kaki.
  • Tinggi gawang sepak bola untuk pemain berusia 6, 7 dan 8 tahun = 1,37 – 1,98 meter atau 4,5 – 6,5 kaki
  • Ukuran seorang pemain sepak bola pada usia 9 tahun adalah 1,98 meter.
  • Kiper Sepak Bola Anak Usia 10 Tahun Ukuran = 1,98 – 2,13 meter atau 6,5 – 7 kaki
  • Ukuran kiper sepak bola selama 11 tahun = 1,98 – 2,44 meter atau 6,5 – 8 kaki
  • Ukuran kiper sepak bola anak-anak berusia 12 tahun = 2,13 – 2,44 meter atau 7-8 kaki

Baca juga : Makna Mimpi Melihat Ujian Sekolah Pertanda Apa

Lebar gawang sepak bola menurut FIFA

Ukuran Lebar gawang sepak bola juga harus di perhatikan sesuai dengan standar aturan yang dit etapkan FIFA. Lebar tiang gawang d iukur dengan dua tiang vertikal paralel.

Setiap lapangan sepak bola yang di gunakan dalam pertandingan resmi harus mematuhi aturan lebar gawang ini. Ukuran lebarnya di sesuaikan dengan jenis usia pemain yang akan bertanding. Berikut pembagian ukuran gawang sepak bola menurut standar FIFA.

  • Lebar Gol Sepak Bola Dewasa / Profesional = 7,32 meter atau 732 cm atau 8 meter atau 24 kaki.
  • Ukuran Lebar kiper sepak bola usia 6, 7 dan 8 = 2,74 – 3,66 meter
    Lebar gawang seorang pemain sepak bola pada usia 9 tahun adalah 3,66 sampai 5,64 meter.
  • Lebar gawang seorang pemain sepak bola untuk anak laki-laki berusia 10 tahun adalah 5,64 sampai 6,4 meter.
    Kiper sepak bola berusia 11 tahun = 5,64 – 7,32 meter atau 18,5 – 24 kaki
    Lebar gawang untuk pemain sepak bola berusia 12 tahun adalah 6,4 hingga 7,32 meter.

Demikian pembahasan kali ini tentang Ketinggian gawang sepak bola. Dan jangan lupa kunjungi terus yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.