Benarkah Kominfo Ada Rencana Penutupan Jaringan 3G

Benarkah Kominfo Ada Rencana Penutupan Jaringan 3G

BYSNIS.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana menutup jaringan 3G. Benarkah Kominfo Ada Rencana Penutupan Jaringan 3G.

Juru Bicara Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi menjelaskan, pemerintah saat ini sedang mengkaji kemungkinan penghapusan jaringan 3G di seluruh Indonesia.

Benarkah Kominfo Ada Rencana Penutupan Jaringan 3G.

Menurutnya, Kominfo mempertimbangkan dua aspek. Pertama, pemerintah ingin memastikan seluruh wilayah Indonesia terkoneksi dengan jaringan 4G. Kedua, mempertimbangkan aspek kepentingan masyarakat.

“Kami harus memastikan bahwa wilayah layanan telekomunikasi memiliki akses Internet 4G, maka kita bisa menghilangkan 3G,” kata Dedy.

Baca Juga: 10 Inspirasi Peluang Bisnis untuk Sepanjang Masa

Jadi bagaimana? Benarkah Kominfo Ada Rencana Penutupan Jaringan 3G?

Perlu juga melihat manfaat dari jaringan 3G yang akan keluar, di tengah masyarakat pada umumnya. Tujuannya agar tidak ada kelompok masyarakat yang dirugikan dengan kebijakan penghapusan jaringan 3G.

“Untuk kepentingan publik secara umum, kita harus membangun mekanisme yang tidak merugikan pengguna atau tidak merugikan pengguna layanan seluler,” jelasnya.

Asal tahu saja, meski Indonesia sudah memasuki era teknologi 5G, menurut laporan OpenSignal, sebagian besar masyarakat di Tanah Air masih mengandalkan teknologi 3G ketimbang menggunakan 4G.

BACA JUGA : Laptop Gaming Murah Terbaik yang Harus Andaa Ketahui

Beberapa alasan mengapa banyak yang masih menggunakan jaringan ini adalah karena layanan 4G belum mencakup interior dan pengguna 3G bahkan tidak menggunakan perangkat yang mendukung jaringan 4G LTE.

Baca juga: Cara Mengaktifkan, Cek dan Isi Saldo Kartu e-money Flash BCA Anda di OPPO dengan NFC

Sampai saat ini belum ada informasi kapan jaringan 3G akan dimatikan karena sampai saat ini masih menunggu revisi dari tim internal Kominfo.

“Mengenai batas waktu penghentian 3G, sekali lagi dengan 2 pertimbangan yang saya sebutkan di atas, kami menunggu hasil kajian tim internal Kominfo. Hasil kajian akan menentukan kapan kebijakan ini akan diterapkan. akan dilakukan,” kata Dedy.

Jadi bagaimana?

Setelah kajian selesai, Kominfo hanya akan memberikan informasi kepada operator seluler tentang rencana penghentian jaringan 3G.

Baca juga: Cara Mendapatkan Sumber Modal Trading Forex, Saham dan Emas

“Jadi dua pertimbangan yang menjadi fokus Kemenkominfo, agar tidak merugikan pengguna di tingkat komunitas dan kedua, kami sudah memastikan 4G sudah masuk ke sana. Bagaimana kami akan berkomunikasi dengan operator seluler tergantung dari hasil kajian yang kami lakukan”, tutup Dedy.