Bisnis  

Apa itu Pengertian Layar QD-OLED? dan QLED dalam TV

Apa Itu Pengertian Layar Qd-Oled? Dan Qled Dalam Tv
Apa itu Pengertian Layar QD-OLED? dan QLED dalam TV . Samsung

Pasar televisi penuh dengan berbagai jenis layar dan fitur yang mengklaim memberikan kualitas gambar yang sangat baik. Apa itu Pengertian Layar QD-OLED? dan QLED dalam TV.

Dan kini, untuk semakin membingungkan konsumen, telah muncul teknologi tampilan baru bernama QD-OLED atau QD Display.

Seperti namanya, QD-OLED adalah teknologi tampilan hibrida yang mengambil elemen OLED dan menggabungkannya dengan titik kuantum.

Samsung mengembangkannya dengan tujuan menghasilkan layar yang mempertahankan keunggulan teknologi OLED dan menghilangkan salah satu kelemahan utamanya.

Apa itu Pengertian Layar QD-OLED? dan QLED dalam TV

Dalam beberapa tahun terakhir, TV OLED telah berhasil memantapkan diri sebagai pemimpin dalam kualitas gambar dengan menawarkan warna hitam sempurna, rasio kontras hampir tak terbatas, dan sudut pandang lebar.

Namun, kecerahannya relatif lebih rendah daripada panel LCD LED-backlit. Ini mengganggu kinerja HDR dan bisa menjadi masalah jika Anda menempatkan TV di ruangan yang cukup terang atau terang.

Untuk mengatasi masalah ini, Samsung memutuskan untuk menggunakan teknologi quantum dot, sesuatu yang sudah digunakan di QLED dan QLED Neo TV.

Lapisan quantum dot QLED TV meningkatkan akurasi warna dan membantu menghadirkan gamut warna yang lebar. Tetapi ketika digunakan dengan panel OLED, ia memiliki manfaat tambahan: kecerahan lebih tinggi.

Bagaimana cara kerja layar QD-OLED?

berdasarkan Samsung Layar Layar QD-OLED memiliki tiga komponen utama: lapisan TFT yang mencakup sirkuit elektronik untuk melewatkan arus melalui bahan OLED, lapisan bahan OLED biru yang menghasilkan cahaya biru, dan lapisan titik kuantum.

Ketika cahaya biru dari setiap piksel melewati lapisan titik kuantum, subpiksel hijau dan merah dihasilkan, yang bersama-sama dengan subpiksel biru membentuk model warna RGB.

Dalam model warna ini, merah, biru, dan hijau digabungkan untuk menghasilkan warna lain untuk gambar yang Anda lihat di televisi.

Dengan menggunakan titik-titik kuantum alih-alih filter warna untuk konversi warna, hampir tidak ada energi cahaya yang hilang. Ini menghasilkan layar yang lebih cerah daripada panel TV OLED tradisional.

Dan karena panel QD-OLED berisi piksel yang memancarkan sendiri, piksel individual dapat diredupkan untuk tingkat hitam yang sempurna.

Dengan warna hitam pekat dan kecerahan tinggi, panel QD-OLED dapat memberikan kinerja HDR yang jauh lebih baik daripada tampilan OLED tradisional.

Samsung Dia mengatakan layar QD-OLED dapat mencapai rasio kontras tinggi 1.000.000:1. Menawarkan gamut warna yang lebar dan memiliki sudut pandang yang sangat baik.

Perbaikan tambahan yang di buat oleh perusahaan juga memungkinkan tampilan untuk memerangi silau yang lebih baik dan mengurangi paparan panjang gelombang cahaya biru yang berbahaya.

QD-OLED vs QLED

Sementara tampilan QD-OLED menawarkan beberapa keuntungan yang tersedia dengan panel OLED dan strukturnya agak mirip. Ada dua perbedaan utama dalam cara kerjanya.

Pertama, seperti yang di sebutkan, layar QD-OLED hanya menggunakan OLED biru, yang menghasilkan cahaya biru. Di sisi lain, panel TV OLED mengandung bahan OLED merah, hijau, dan biru.

Bahan-bahan ini bergabung untuk menciptakan cahaya putih, yang bertindak sebagai sumber cahaya untuk setiap piksel. Inilah sebabnya mengapa panel OLED yang di gunakan di televisi modern juga di sebut OLED putih.

Perbedaan kedua adalah bagaimana panel QD-OLED dan OLED mengubah sumber cahaya utama untuk menghasilkan warna lain.

Alih-alih titik kuantum yang di gunakan dalam layar QD-OLED, panel OLED menggunakan filter warna yang mengubah cahaya putih menjadi warna merah, hijau, biru, dan putih.

Mereka kemudian di tambahkan untuk membuat warna lain. Namun, filter warna ini tidak seefisien titik kuantum dan sebagian energi cahaya hilang, sehingga mengurangi kecerahan panel.

Meskipun perubahan ini akan membantu tampilan QD-OLED, yang kemungkinan akan memberikan kecerahan yang lebih tinggi, gamut warna yang lebih luas, dan warna yang lebih realistis, panel tersebut kemungkinan masih rentan terhadap keausan.

Ini paling sering dikaitkan dengan panel OLED, dan karena panel QD-OLED juga menggunakan bahan organik, mereka juga akan terdegradasi dari waktu ke waktu dan mungkin harus berurusan dengan masalah pembakaran.

Terkait: Sinopsis Gopi Sabtu, 11 Desember 2021 di ANTV Hari Ini

QLED vs QD-OLED

Teknologi Quantum Dot bukanlah hal baru di pasar televisi. Ini di gunakan di TV LED QLED atau Quantum Dot dari banyak produsen, termasuk Samsung.

Jadi, Anda benar-benar bisa mendapatkan gamut warna yang lebar dan akurasi warna yang sangat baik di TV QLED. Tapi elemen OLED dari layar QD-OLED yang benar-benar memisahkan kedua jenis tampilan ini.

TV QLED adalah TV LED yang menggabungkan lapisan titik kuantum. Jadi meskipun mungkin memiliki rendering warna yang lebih baik daripada TV LED lainnya, ia masih memiliki kelemahan yang sama seperti TV LED lainnya.

Misalnya, TV LED tidak dapat mencapai tingkat hitam optimal TV OLED atau QD-OLED, sehingga TV QLED mengalami kelemahan yang sama.

Selain itu, tergantung pada apakah mereka menggunakan panel tipe VA atau panel tipe IPS, TV QLED dapat memiliki sudut pandang sempit atau lebar. Kehadiran panel IPS secara signifikan mempengaruhi rasio kontras.

Tetapi meskipun panel QD-OLED akan memiliki kecerahan yang lebih tinggi daripada panel OLED, TV QLED akan mengikat TV QD-OLED ke garis depan kecerahan.

Baca juga : Cara Memperbaiki Apple TV tidak berfungsi di Sky Q/Sky+ HD

Menurut grafik yang di bagikan oleh Samsung Layar QD-OLED atau QD dapat mencapai kecerahan maksimum 1.000 nits dalam HDR. Sebagai perbandingan, beberapa TV QLED memiliki kecerahan puncak lebih dari 1.500 nits.

Terakhir, tidak seperti TV OLED, Anda tidak perlu khawatir TV QLED akan mati.

TV apa yang menggunakan layar QD-OLED?

Hingga akhir tahun 2021, belum ada produsen TV yang merilis TV dengan panel QD-OLED. Tetapi Samsung Di harapkan untuk mengumumkan TV QD-OLED pertamanya di CES 2022.

Perusahaan kemungkinan akan meluncurkan model 55-inci dan 65-inci pada awalnya, dengan lebih banyak ukuran yang akan di tambahkan nanti.

lebih jauh Samsung, Sony kamu TCL Mereka juga sedang mengerjakan TV QD-OLED, tetapi tidak ada kabar kapan itu akan dirilis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.