Amalan Sunah Sebelum Menikah, Lakukan untuk Pernikahan

  • Bagikan
Amalan Sunah Sebelum Menikah, Lakukan untuk Pernikahan

BYSNIS.COM – Mengamalkan sunnah sebelum menikah bisa menjadi hal baik yang bisa Anda lakukan. Melakukan Amalan Sunah Sebelum Menikah, Lakukan untuk Pernikahan sangat di anjurkan oleh agama Islam.

Seperti yang kita ketahui, pernikahan merupakan masa sakral yang membutuhkan persiapan matang. Islam juga mengajarkan berbagai amalan sunnah bagi calon pengantin. Dengan melakukan amalan sunnah ini, semoga bisa memiliki rasa tenang hingga akad nikah.

Amalan Sunah Sebelum Menikah

Ada banyak jenis amalan sunnah. Mulai dari puasa, salat, salat, dan masih banyak lagi. Selain mengharapkan kedamaian, menjalankan amalan sunnah sebelum menikah juga merupakan upaya untuk mengharapkan berkah, sekaligus kelancaran acara. Dirangkum dalam berbagai sumber, berikut beberapa sunnahnya.

1. Salat Hajat

Amalan Sunah Sebelum Menikah pertama dengan merayakan pernikahan sama halnya dengan memiliki keinginan. Sunnah Sebelum membuat permohonan, kedua mempelai melakukan doa permohonan. Tujuan dari doa permohonan ini, selain sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah, juga meminta perlindungan dari kehidupan akhirat.

Doa keinginan juga merupakan salah satu cara di mana keinginan dan kebutuhan orang-orang yang melakukannya dikabulkan. Hal ini tertulis dalam hadits yang di riwayatkan oleh Ahmad, yang menjadi dasar dari ajaran shalat syahwat:

Syekh Nawawi Al Batani Rahimahullah mengajarkan bahwa shalat syahwat memiliki keutamaan yang agung. Di antara mereka, di sediakan fasilitas, masalah di hindari, dan mereka di bantu ketika kesulitan di alami.

Baca juga : Arti Mimpi Sholat Berjamaah, Masjid, Subuh, Jumat Menurut Islam

2. Istighfar

Amalan Sunah Sebelum Menikah selanjutnya adalah memperbanyak istighfar. Istighfar adalah salah satu kalimat dzikir yang dibacakan untuk memohon ampun. Selain itu, keutamaan istighfar juga baik, agar dimudahkan dan diberikan keterbukaan hati.

Masa-masa sebelum menikah seringkali penuh dengan cobaan. Kencan yang baik, kesehatan, keuangan, dan banyak lagi. Istighfar bisa menjadi salah satu upaya untuk menenangkan hati dalam menghadapi berbagai cobaan.

3. Amalkan Sunnah sebelum menikah dengan bersedekah

Sedekah adalah Amalan Sunah Sebelum Menikah yang sangat bermanfaat bagi orang lain. Tidak hanya untuk orang lain, ternyata manfaat sedekah juga bisa Anda rasakan sendiri. Orang yang bersedekah akan terselamatkan dari musibah, derita, dipanjangkan umur dan dijauhkan dari berbagai kejahatan.

Pacar yang sedang didera berbagai cobaan dapat memberikan sedekah sebagai obat penenang. Memberi sedekah juga akan mendapatkan doa dari orang yang diberi. Siapa tahu bisa mendapatkan doa yang baik untuk Anda dan pasangan, dan menjadi salah satu alasan kelancaran pernikahan.

4. Melaksanakan Puasa Sunnah

Biasanya kedua mempelai akan berpuasa sebelum akad nikah. Perlu diketahui bahwa puasa harus sesuai dengan pedoman syariah. Anda dapat berpuasa dari Senin sampai Kamis, David, atau sesuatu seperti itu.

Misalkan hari pernikahan jatuh tepat pada saat Iduladha, Anda bisa mencoba puasa Arafah. Lakukan puasa sesuai dengan pedoman berbuah. Dari sudut pandang medis, puasa juga dapat membantu menjaga kesehatan.

Tidak ada ajaran untuk menghindari makanan tertentu sebelum akad nikah. Ajaran menurut syariat adalah puasa dengan catatan sesuai tuntunan Rasulullah. Jika Anda berpuasa, gunakan waktu mushachab saat sahur dan sebelum berbuka untuk berdoa.

5. Mempelajari ilmu agama sebagai amalan sunnah sebelum menikah

Tujuan utama pernikahan adalah ibadah sehingga perlunya memahami Amalan Sunah Sebelum Menikah. Tanpa ilmu, ibadah tidak akan sempurna. Termasuk pernikahan. Jangan lupa membekali diri dengan ilmu kebersihan. Anda dapat membaca buku pernikahan atau berbagi dengan teman yang sudah menikah.

Beramal tanpa ilmu seperti berjalan tanpa pemandu. Tanpa pemandu, perjalanan akan sangat sulit. Begitulah pentingnya memiliki ilmu agama agar jalan setelah akad menjadi lebih terarah.

Mempelajari agama sebelum menikah juga memberikan hikmah lain. Anda tidak akan memiliki waktu luang. Hari-hari penantian kontrak juga akan terasa lebih signifikan. Hati jauh lebih tenang ketika mempelajari agama.

Baca juga : Arti Mimpi Menikah dengan Idola Terkenal Pertanda Kesulitan

6. Lebih baik tidak sendirian dengan pasangan masa depan.

Nah yang satu ini sering terlupakan. Bahkan, Anda akan sah secara agama dan hukum sebagai suami dan istri. Namun jika belum waktunya akad, maka keadaan keduanya belum mahram. Karena itu, sebaiknya jangan berduaan dulu dengan calon pasangan.

Anda bisa berkomunikasi tentang persiapan pernikahan dengan keluarga calon suami/istri. Selain menghilangkan dosa, tanpa momen berduaan dengan pasangan diharapkan bisa terbebas dari fitnah.

Itulah Amalan Sunah Sebelum Menikah yang bisa anda lakukan. Lebih baik melakukan ibadah di atas secara terus menerus. Bahkan setelah menikah, praktik sunnah harus dilakukan lebih aktif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *