Alasan Ukuran Uang Terbaru Agustus 2022 Berbeda-beda

Alasan Ukuran Uang Terbaru Agustus 2022 Berbeda-Beda
Alasan Ukuran Uang Terbaru Agustus 2022 Berbeda-beda

BYSNIS.COM – Alasan Ukuran Uang Terbaru Agustus 2022 Berbeda-beda. Ada yang unik dari uang baru terbitan 2022, yaitu setiap pecahannya berbeda ukuran. Sebenarnya kenapa ukuran uang baru 2022 berbeda?

Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) baru saja resmi mengedarkan 7 pecahan uang baru untuk tahun penerbitan 2022, Kamis (18/08/2022). Lantas apa penyebab perbedaan ukuran uang edisi 2022?

Menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, tampilan baru uang kertas rupiah (TE) pecahan 7 pecahan tahun 2022 ini memiliki inovasi baru, sehingga uang rupiah lebih mudah dikenali keasliannya, kenyamanan dan keamanan penggunaannya.

Alasan Ukuran Uang Terbaru Agustus 2022 Berbeda-beda

“Ada tiga aspek inovasi untuk memperkuat koin TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, elemen keamanan yang lebih andal, dan kekuatan material koin yang lebih baik,” kata Perry di Jakarta, seperti dilansir Bisnis.com baru-baru ini.

Baca juga :   Sinopsis Film Layangan Putus Episode 1A : Kecurigaan Kinan

Selain itu, hal istimewa lainnya dari uang baru ini adalah ukurannya. Uang kertas tahun terbitan 2022 diketahui lebih pendek dari uang kertas tahun terbitan 2016. Kecuali uang pecahan 100.000 rupee, edisi 2022 dan 2016 memiliki panjang dan lebar yang sama.

Melansir Antaranews, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengatakan, Alasan Ukuran Uang Terbaru Agustus 2022 Berbeda-beda karena BI meningkatkan aspek keamanan dengan menerbitkan uang kertas pecahan tujuh pecahan rupiah 2022 untuk mencegah pemalsuan.

BI mengusung konsep bahwa semakin kecil pecahannya, semakin kecil ukurannya. BI juga menanggapi masukan dari Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) dengan menambah selisih panjang antar pecahan, yang sebelumnya 2 milimeter, menjadi 5 milimeter untuk memudahkan penyandang tunanetra membedakan pecahan.

Baca juga: Peluang Bisnis Travel Perjalanan dan Keuntungan Bisnis Travel

Jadi jelas, alasan perbedaan ukuran uang ini juga memiliki alasan yang baik, karena dimaksudkan untuk membantu penyandang tunanetra agar lebih mudah atau tidak sulit untuk membedakan pecahan uang.

Baca juga :   Jadwal Acara TV ANTV Rabu 2 November 2022 Terbaru Banyak Film India

Sebagai informasi, uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional di bagian depan, serta tema budaya Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) di bagian belakang seperti uang edisi 2016.

Begitulah kira-kira penjelasan tentang Alasan Ukuran Uang Terbaru Agustus 2022 Berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

Jangan Lewatkan berita lainnya hanya di bysnis.com dengan cara Follow BYSNIS di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *