7 Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum

Cara Mudah Cek Saldo E-Toll Di Hp Secara Umum
Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum

Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum – Memilih menggunakan jalan tol adalah pilihan yang banyak dilakukan orang saat ini. Sehingga perjalanan dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat dan tentunya akan lebih menghemat bahan bakar. Hanya saja, Anda harus menyisihkan sejumlah uang untuk bisa mengakses jalur ini tanpa hambatan.

Kebiasaan lama pengguna jalan tol adalah membayar tunai di penjaga stasiun tol. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebiasaan masyarakat yang tidak memiliki uang, Jasa Marga selaku pengelola jalan tol membuat sistem pembayaran dengan menggunakan sistem e-Toll. Istilah lain dari istilah ini adalah tol elektronik atau uang tol elektronik.

7 Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memeriksa saldo kartu e-Toll terlebih dahulu, sebelum memasuki jalan tol. Lalu bagaimana sebenarnya cara mengecek saldo e-Toll Anda?

Bisakah itu dilakukan di ponsel Anda? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Permintaan Bank

Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Mandiri. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store secara gratis. Namun sebelum Anda mendownload aplikasi ini, pastikan Anda telah mengaktifkan NFC terlebih dahulu.

Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum selanjutnya adalah masuk ke aplikasi lalu pilih logo e-Money. Kemudian pilih menu “Lihat/Perbarui Saldo”, lalu letakkan kartu Mandiri e-Toll di bagian belakang ponsel.

Baca juga: 5 Solusi Cara Mengatasi Saldo Tidak Masuk ke Gopay Terbaru dengan Mudah

Tunggu sebentar, Anda akan melihat sisa saldo di layar ponsel.
Selain Bank Mandiri, Anda juga dapat menggunakan aplikasi perbankan lainnya, seperti BRI, BNI, dan BCA. Bagi pengguna e-Toll BRI, Anda cukup mengunduh Aplikasi BRI Mobile Banking.

Cari menu BRIZZI kemudian Anda bisa melakukan hal yang sama yaitu meletakkan kartu tol elektronik di bagian belakang ponsel Anda.

Sementara itu, bagi pengguna kartu e-Toll bank BNI, sebaiknya sudah memiliki aplikasi BNI Tap Cash Go. Dan bagi nasabah yang menggunakan layanan BCA dapat menggunakan fitur Flazz di BCA mobile atau BCA m-banking.

Namun sekali lagi, aplikasi di atas dapat digunakan jika Anda sudah memiliki aplikasi NFC sebelumnya.

Pasar

Anda bisa mengikuti Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum melalui pasaran. Hingga saat ini, baru ada dua pasar yang bisa menyediakan layanan ini, yakni Tokopedia dan Bukalapak.

Cara ini juga cukup praktis dan bisa dilakukan kapan saja, di mana saja. Bagi Anda yang rutin menggunakan Tokopedia, yang harus Anda lakukan setelah login adalah mencari fitur billing. Kemudian tap “Cek saldo” di menu e-money.

Letakkan kartu di bagian belakang ponsel Anda, pastikan posisi kartu tidak berubah, tunggu beberapa saat, dan Anda dapat melihat sisa saldo kartu Anda.

Baca juga: 11 Langkah Cara Isi Ulang Saldo Driver Maxim Pakai LinkAja Terbaru

Begitu pula dengan konsultasi saldo e-Toll melalui pasar Bukulapak. Pada langkah terakhir, Anda akan diminta untuk meletakkan kartu di bagian belakang ponsel. Menu yang harus Anda pilih di aplikasi adalah “Isi ulang dan isi ulang”, lalu pilih “Uang elektronik”.

Selanjutnya pilih nominal yang akan anda lakukan, dimana pengisian e-Toll sendiri minimal Rp. 10.000,-. Maka Anda harus segera membayar tagihan sesuai dengan jumlah nominal di atas.

Setelah melakukan pembayaran yang berhasil, Anda perlu memverifikasi lagi. Caranya kembali ke menu e-money, lalu tap “Update balance” dan nyalakan fitur NCF.

Baca juga: Cara Tarik Saldo Tokopedia ke Rekening Bank Terbaru 2022

Mini market

Untuk memeriksa saldo pulsa elektronik di ponsel Anda, Anda harus terlebih dahulu mengintegrasikan fungsi NFC. Cara ini mungkin tidak praktis bagi sebagian orang.

Dan Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum kali ini dengan mengunjungi mini market yang memiliki mesin EDC.

Indomaret dan Alfamart merupakan minimarket yang paling banyak digunakan untuk mengakses query saldo e-Toll ini. Selain itu, Anda juga dapat mengisi saldo saat berbelanja. Namun karena ini adalah masa pandemi, bukan berarti semua orang juga akan memilih jalan ini.

Bank Mandiri

Pilihan lain jika Anda kesulitan memeriksa saldo tol elektronik di ponsel Anda, maka mengunjungi Bank Mandiri adalah jawaban lain. Hanya saja, untuk mengunjungi sebuah bank perlu waktu khusus untuk mengantri pada jam kerja yang cenderung ramai pengunjung.

Di Bank Mandiri, Anda biasanya akan diarahkan untuk berbicara dengan customer service. Langkah selanjutnya hampir sama seperti di mini market. Yaitu cek melalui mesin EDC.

Baca juga: 2 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Saldo Dana yang Legit

ATM

Jika Anda enggan untuk berdiri dalam antrian panjang di bank. Pilihan lain, selain Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum dengan pergi ke ATM. Sekali lagi, ATM Bank Mandiri yang perlu Anda gunakan, tetapi pastikan ATM Mandiri sudah memiliki e-money reader.

Saldo kartu tol elektronik Anda akan langsung diketahui, setelah kartu ditempelkan di reader yang terletak di ATM. Jika Anda sudah mengetahui sisa saldo e-Toll dan tidak cukup untuk bepergian di jalan tol, segera isi ulang di ATM.

Telkomsel Mobile Banking

Masih ada Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum yang bisa digunakan, apalagi jika ponsel tidak mendukung NFC. Yaitu menggunakan salah satu provider telekomunikasi, Telkomsel. Caranya mudah, namun pastikan Anda juga pengguna layanan Telkomsel.

Kemudian lakukan panggilan dengan format 1416#, lalu ikuti petunjuk yang diberikan. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor pada kartu tol elektronik Anda, jika Anda salah memasukkan nomor.

Anda tidak akan dapat melihat saldo tol elektronik di layar ponsel Anda. Dan untuk menggunakan layanan ini, Anda harus mengisi pulsa terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Menarik Saldo OVO ke Rekening Bank Melalui Aplikasi

Bank internet

Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum terakhir adalah melalui Internet banking. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu terdaftar sebagai nasabah di Bank Mandiri dan kemudian mengajukan permohonan untuk mengaktifkan layanan Internet banking.

Baru setelah itu Anda bisa mengecek segala sesuatu yang berhubungan dengan transaksi bank dan tentunya dengan e-Toll.

Untuk masuk ke Internet banking Bank Mandiri, Anda perlu menyentuh menu “Uang Elektronik”, lalu pilih Mandiri e-Money dan informasi saldo. Selanjutnya Anda akan disuguhkan kolom berupa kotak-kotak yang harus Anda isi dengan nomor kartu tol elektronik Anda.

Pastikan nomor yang dimasukkan adalah 16 digit, lalu ketuk tombol Kirim.

Itulah beberapa informasi singkat tentang Cara Mudah Cek Saldo E-Toll di HP Secara Umum. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.