Bisnis  

7 Cara dan Ide Bisnis Rumah Makan Lesehan Modal Rendah

Tips Sukses Menekuni Peluang Usaha Kerajinan Tangan Di Rumah
Tips Sukses Menekuni Peluang Usaha Kerajinan Tangan Di Rumah . Picabay

BYSNIS.COM – 7 Cara dan Ide Bisnis Rumah Makan Lesehan Modal Rendah. Bisnis rumah makan identik Lesehan ini hanya buka pada malam hari hingga dini hari.

Bahkan bisnis ini mudah dilakukan oleh siapa saja dengan modal yang minim. rumah makan Lesehan juga menjadi primadona bagi semua kalangan.

Untuk venue-nya juga ada beberapa, ada yang membuka tenda di pinggir jalan, atau memotong di depan pertokoan, menyiapkan peralatan resto sederhana dari rumah, seperti meja-meja kecil, dan lain-lain.

7 Cara dan Ide Bisnis Rumah Makan Lesehan Modal Rendah

Memulai bisnis rumah makan lesehan juga membutuhkan sedikit survey dan analisa. Adapun menu apa yang akan disajikan. Untuk itu, cari tahu menu dan minuman apa saja yang cocok disiapkan di rumah makan Lesehan.

Untuk memulai bisnis rumah makan lesehan, berikut 8 tips bisnis rumah makan lesehan yang menguntungkan dengan modal minim diantaranya:

1. Tentukan lokasi perusahaan

Pengelola seluruh bisnis mengutamakan pilihan lokasi yang strategis agar lebih mudah menjangkau konsumen. Misalnya, pilih tempat di pinggir jalan, dekat kos-kosan, kampus atau pasar.

Untuk meminimalisir biaya, pengusaha bisa menyewa kanopi dari gedung yang tutup pada sore hari. Usahakan memilih area yang luas untuk menampung banyak konsumen, tentunya Anda bisa nyaman makan bersama keluarga atau kekasih.

Menyewa kanopi di toko sudah menjadi favorit para pemilik rumah makan Lesehan. Selain itu, kini ada sejumlah pemilik toko yang tidak memungut biaya sewa dari pedagang lesehan dan sejenisnya. Namun, ada pertimbangan cermat yang telah diperhitungkan oleh pemilik toko.

Misalnya, untuk memberi tahu orang-orang tentang toko tersebut dan pada saat yang sama secara tidak langsung mempromosikan toko tersebut. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan selama dan setelah penjualan agar tidak ada yang dirugikan.

Baca juga : Ide Bisnis Di Dunia Musik Dan Tips Menjalankan Bisnis

2. Minimal tim

Bisnis rumah makan Lesehan tidak membutuhkan full team, termasuk full table. Bahkan banyak lesehan yang menggunakan meja kecil tapi tidak menggunakan kursi, ini identik dengan namanya. Lesehan berarti leseh, atau tidak duduk di kursi tetapi duduk di tanah.

Pengusaha rumah makan dapat dibagi menjadi 2 tempat. Satu bagian menggunakan kursi dan meja, dan bagian lainnya menggunakan meja tanpa kursi. Dengan begitu konsumen akan senang karena konsumen memiliki karakteristik yang beragam.

Terkadang ada juga ibu hamil yang sering makan di warung lesehan. Dengan itu, seluruh bagian dengan meja dan kursi bisa digunakan untuk ibu hamil.

Jangan lupa sediakan tikar untuk tempat duduk dan atap kanvas. Untuk daerah yang tidak tertutup bangunan bisa mendirikan tenda sederhana, bahkan yang masih pemula dan tidak punya modal bisa menyewa terpal.

Baca jug : 8 Tips Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal Agar Laris

Bermodalkan modal untuk memulai warung makan lesehan dengan modal minim, bisa dicoba untuk memilih menu yang sederhana tapi cepat. Selain itu, dengan harga yang terjangkau akan membuat masyarakat betah.

4. Harga bersahabat

Menjalankan bisnis memang menginginkan keuntungan yang besar meskipun bahan bakunya minim. Namun demikian wajib memperhatikan standar keuntungan agar usaha rumah makan lesehan dapat terus berkembang dan tidak kalah bersaing.

Baca juga : Strategi Tepat Peluang Bisnis Waralaba Makanan Untung Banyak

Sehingga harga yang relevan harus di patuhi terutama untuk rumah makan lesehan di pedesaan.

Walaupun keuntungannya relatif berimbang, namun bila pembelinya banyak maka keuntungannya akan besar. Mengenakan harga yang lebih tinggi boleh saja, tetapi Anda harus memperhatikan kualitas rasa makanannya. Ketika rasa makanan tidak di permasalahkan, maka di perbolehkan menaikkan harga agar konsumen tidak protes.

Harga sebenarnya menjadi kunci utama seseorang untuk membeli makanan atau tidak. Selain itu, masyarakat Indonesia terbagi dalam berbagai golongan, ada yang kaya dan yang miskin. Untuk itu, hargai konsesi lesehan Anda dengan tepat agar semua orang menjadi pelanggan Anda.

Konsumen akan terhibur dan betah ketika toko menyediakan hiburan seperti TV, radio dan lainnya. Bahkan beberapa pemilik warung lesehan bekerja sama dengan pengamen jalanan dengan musikalitas bagus untuk terus bernyanyi di warung lesehan mereka.

Baca juga : Tips Sukses Menjalankan Bisnis Sembako atau Kelontong

6. Ide Bisnis Rumah Makan Lesehan Modal Rendah Terakhir Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah hal utama yang di perhatikan untuk semua bisnis termasuk bisnis rumah makan lesehan. Dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tempat berjualan maka konsumen akan nyaman dan tidak akan ragu untuk makan dan ngobrol berlama-lama di warung lesehan anda.

Baca juga : Strategi Tepat Peluang Bisnis Waralaba Makanan Untung Banyak

Namun, kebanyakan pria merokok setelah makan, jadi asbak (tempat pembuangan rokok) wajib untuk menjaga kebersihan keset dan meja.

Menjalankan bisnis rumah makan lesehan harus rajin dan pantang menyerah. Memang dalam berbisnis pasti ada pasang surut dan cobaan yang datang dengan berbagai hal.

Namun berusaha dan terus dengan introspeksi adalah kunci utama kesuksesan bisnis, dan berdoa dengan sungguh-sungguh agar hati dan pikiran selalu berpikir positif. Selain itu, bisnis rumah makan lesehan tidak akan pernah sepi karena memasak merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.