Berikut 6 Bantuan Sosial yang Dicairkan Mei 2022 dari Pemerintah

Bantuan Sosial Yang Dicairkan Mei 2022
Bantuan Sosial yang Dicairkan Mei 2022

Bysnis.com – Pemerintah terus memberikan Bantuan Sosial yang Dicairkan Mei 2022 dari Pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Ini dia 6 dana bantuan yang disalurkan pada Mei 2022.

Setiap bantuan diberikan kepada penerima yang berbeda, dengan nilai nominal yang berbeda.

Berikut 6 Bantuan Sosial yang Dicairkan Mei 2022 dari Pemerintah

Proses pengecekan daftar penerima bansos juga berbeda, sesuai link dari lembaga penyalur.

Berikut Bantuan Sosial yang Dicairkan Mei 2022 dari Pemerintah :

1. Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja diberikan kepada warga negara Indonesia berusia 18 tahun yang tidak bersekolah formal atau universitas dan belum pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah.

Kartu Prakerja saat ini masuk ke angkatan 27. Peserta yang lolos akan mendapatkan insentif atau BLT senilai Rp. 3,55 juta. Bantuan tersebut dibayarkan melalui BNI atau e-wallet (OVO, GoPay, DANA atau LinkAjA).

Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link www.prakerja.go.id dengan menggunakan KTP, KK dan foto selfie. Jika lolos seleksi, penerima Kartu Prakerja akan dihubungi melalui SMS dan email.

Baca juga : Cara Verifikasi Pencairan Bantuan PIP 2022 Tanggal Mulainya

2. Bantuan sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT)

Bantuan Sosial yang Dicairkan Mei 2022 dari Pemerintah berupa BPNT Bantuan BPNT sebesar Rp. 200 ribu, dengan 3 bulan dirapel sekaligus. Dengan demikian, masyarakat mendapat Rp 600 ribu.

Percepatan penyaluran bansos adalah BPNT senilai Rp 600 ribu dan BLT minyak goreng senilai Rp 300 ribu. Distribusi ini disediakan oleh PT Pos Indonesia.

3. Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW)

Bantuan Sosial yang Dicairkan Mei 2022 dari Pemerintah selanjutnya melalui BT-PKLW. Besaran BT-PKLW sebesar Rp 600 ribu per orang untuk 2,76 juta penerima. Dengan penyaluran untuk 1 juta PKLW dan 1,76 juta nelayan.

4. Program Bantuan Sosial Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan sosial PKH diberikan kepada penerima yang termasuk dalam komponen kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

Setiap penerima mendapat bantuan dengan nominal yang berbeda. Proses distribusi berlangsung dalam empat fase per tahun, setiap tiga bulan melalui Himbara.

Baca juga : Cara Mengajukan BOS Pesantren 2022, Bantuan Operasional Pesantren 2022

5. Bantuan Modal Kerja

Pemerintah mendistribusikan BLT kepada pedagang. Besaran dukungan modal kerja mencapai Rp. 1.2 juta. Ini berasal Bantuan Sosial yang Dicairkan Mei 2022 dari Pemerintah .

Bantuan modal kerja ini diberikan kepada para pedagang, khususnya warga yang mengalami kesulitan ekonomi selama pandemi Covid-19 dan menghadapi harga kebutuhan pokok yang tinggi.

6. Minyak goreng BLT

Minyak goreng BLT diberikan kepada masyarakat sebesar Rp 300 ribu per penerima. Penerima BLT minyak goreng tersebut adalah Pedagang Lima Kali (PKL), keluarga penerima manfaat PKH dan BPNT.

Penulis: UdinEditor: Udin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.