Daftar 5 Makanan untuk Meningkatkan HB (Hemoglobin)

Makanan Untuk Meningkatkan Hb
Daftar 5 Makanan untuk Meningkatkan HB (Hemoglobin)

BYSNIS.COM – Daftar 5 Makanan untuk Meningkatkan HB (Hemoglobin). Sebagai pasien anemia Anda membutuhkan makanan nyata untuk meningkatkan HB Anda untuk konsumsi sehari-hari.

HB atau hemoglobin adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah. HB berfungsi sebagai pembawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan sebagai pembawa karbondioksida kembali ke paru-paru.

Daftar 5 Makanan untuk Meningkatkan HB (Hemoglobin)

Gejala seseorang yang tidak memiliki hemoglobin dalam tubuhnya adalah lemah, lelah, lesu dan pucat. Bahkan kekurangan hemoglobin ini hanya dapat didiagnosis melalui tes darah.

Kadar HB yang rendah ini pun tidak bisa dianggap enteng karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir, HB dalam tubuh bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

Berikut Daftar 5 Makanan untuk Meningkatkan HB (Hemoglobin) :

1. Makanan kaya zat besi

Makanan kaya zat besi mengandung sel darah merah atau hemoglobin. Sehingga makanan tersebut pun bisa membantu pembentukan sel darah merah. Pria dewasa membutuhkan asupan zat besi 8 mg per hari. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan asupan zat besi 18mg setiap hari.

Makanan yang tinggi zat besi adalah daging sapi, telur, hati ayam dan hati sapi. Selain itu, zat besi juga terdapat pada sayuran seperti brokoli, bayam, buncis dan tahu.

Baca juga : Arti Mimpi Makan Mie Ayam Bakso Ceker Banyak Sama Keluarga Menurut Primbon

2. Makanan Kaya Vitamin C

Makanan untuk Meningkatkan HB dengan vitamin C. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan HB.

Makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi membantu tubuh menyerap zat besi secara optimal.

Jadi selain mengonsumsi makanan tinggi zat besi, Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C agar pembentukan HB optimal.

Beberapa buah seperti jeruk, berry, jambu biji, dan kiwi kaya akan vitamin C. Lemon dan tomat juga bisa menjadi alternatif makanan yang bisa dicoba.

3. Makanan Kaya Beta Karoten

Makanan untuk meningkatkan HB adalah makanan yang kaya akan beta-karoten. Seperti vitamin C, makanan tinggi beta-karoten juga membantu penyerapan zat besi yang optimal.

Beta-karoten adalah pigmen warna alami pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna oranye, merah, atau kuning.

Buah-buahan yang tinggi beta-karoten adalah pepaya, paprika, wortel, bit dan labu. Bit tidak hanya tinggi beta-karoten, tetapi juga banyak nutrisi seperti kalium, asam folat dan serat.

Selanjutnya Makanan untuk Meningkatkan HB dengan memakan makanan kaya asam folat.

Baca juga : Rekomendasi Tanaman Obat Populer Indonesia untuk Kesehatan

4. Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel, termasuk sel darah merah (HB). Selain meningkatkan HB dalam tubuh, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah kanker, mengurangi risiko pikun, dan menjaga kesehatan kulit.

Kandungan asam folat yang tinggi terdapat pada bayam, kangkung, brokoli, kacang panjang dan kacang polong.

Kadar asam folat yang tinggi juga ditemukan pada daging sapi dan alpukat. Sedangkan buah-buahan yang tinggi asam folat adalah jeruk, bit dan pisang.

5. Ikan laut

Rekomendasi makanan untuk meningkatkan HB adalah ikan laut. Sebagian besar ikan laut diketahui mengandung zat besi yang tinggi, yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Namun, konsumsi ikan laut yang berlebihan justru menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca juga : 7 Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik Indonesia

Ikan laut seperti krustasea, udang, sarden dan tuna efektif untuk meningkatkan kadar HB dalam tubuh Anda. Pada udang misalnya, setiap 100 gram udang mengandung 3 mg zat besi.

Itulah lima rekomendasi Makanan untuk Meningkatkan HB yang bisa Anda konsumsi sesuai anjuran kesehatan.

Konsumsi dalam jumlah sedang dan dengan pengolahan yang tepat. Sehingga manfaat makanan di atas bisa bekerja maksimal di tubuh Anda.

Penulis: MuslikahEditor: Muslikah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.