10 Rekomendasi Makanan Burung Parkit agar Burung Fit

  • Bagikan
10 Rekomendasi Makanan Burung Parkit agar Burung Fit

Untuk memelihara burung parkit atau kesturi pasti membutuhkan pemberian pakan yang seimbang. Parkit sangat menyukai pakan yang berasal dari biji-bijian sebagai makanan pokok. 10 Rekomendasi Makanan Burung Parkit agar Burung Fit.

Jenis pakan burung parkit di bedakan menjadi 2 yaitu makanan pokok dan makanan tambahan.

Rekomendasi Makanan Burung Parkit

1. Jewawut

Makanan favorit burung parkit adalah biji jelai, orang jawa biasa menyebutnya otek atau lelawut.

Jelai dapat di berikan dengan malai atau hanya jelai. Biji jelai sangat mudah di temukan di pasar burung, toko burung, atau penjual pakan burung.

Biji barley juga mengandung lemak, protein, dan karbohidrat.

2. Milet

Milet adalah salah satu pakan yang paling di sukai oleh burung, seperti lovebird, parkit Australia, kenari, burung pipit, dan burung pipit.

Bentuknya hampir mirip dengan barley, tetapi millet lebih besar, mengkilat, dan licin.

3. Pelet

Rekomendasi Makanan Burung Parkit selanjutnya adalah pelet. Pelet merupakan makanan pokok burung parkit, pelet memiliki kualitas yang baik yang berguna untuk menjaga kesehatan burung parkit.

Karena parkit sudah terbiasa memakan biji, proses penyesuaiannya juga cukup sulit dan lama. Mungkin perlu beberapa minggu bagi Anda untuk membiasakan diri.

4. Jagung

Biasanya semua jenis burung beo menyukai biji-bijian. Kembang kol dan jagung muda di berikan bersamaan dengan tongkolnya, baik jagung merah maupun jagung kuning yang sama-sama mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pernafasan.

5. Kangkung

Rekomendasi Makanan Burung Parkit yaitu Kangkung dan biasanya di jadikan pakan tambahan, karena burung parkit sangat menyukainya.

6. Tauge

Kecambah atau taoge merupakan salah satu jenis makanan yang sangat berpengaruh terhadap masalah kesuburan.

Tauge juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan dan kesuburan telur, serta sangat bermanfaat untuk birahi. Khusus untuk parkit yang sedang dalam masa kawin, sehingga dapat menghasilkan keturunan yang sehat dalam jumlah yang banyak.

Tauge juga memiliki vitamin E yang berguna untuk mempercantik bulu, menjaga organ reproduksi, dan juga membantu kesehatan kulit.

7. Grit

Rekomendasi Makanan Burung Parkit adalah Grit yang mana pakan berupa campuran berbagai bahan, seperti cangkang keong atau cangkang siput, cangkang granit, pecahan batu kali, cangkang, cangkang cumi, kerikil, dan arang.

Grit berfungsi untuk memperkuat dan membantu pencernaan, serta sebagai sumber mineral dan kalsium.

Baca juga : 10 Cara Merawat Burung Kenari biar Gacor (Pemula)

8. Daun Kemangi

Daun kemangi dapat di sajikan sebagai pakan tambahan, namun tidak boleh di berikan setiap hari. Anda bisa memberikannya seminggu sekali.

Daun kemangi bermanfaat untuk mencegah burung terkena diare atau diare.

9. Buah-buahan

Rekomendasi Makanan Burung Parkit buah-buahan segar, seperti jeruk, anggur, melon, kiwi, dan apel. Buah-buahan ini mengandung vitamin A, vitamin, C, vitamin K serta mineral, nutrisi, mangan, dan kalium.

Anda bisa menyajikannya hanya dalam 2 jam, lalu mengambil kembali buah yang tidak di makan, untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

10. Vitamin dan Mineral

Selain pakan berupa biji-bijian, burung parkit juga perlu di beri vitamin. Cara penyajiannya cukup dengan mencampurkan vitamin dengan air minum.

Vitamin dalam bentuk bubuk dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas telur, serta meningkatkan kesuburan betina dan jantan.

Yah, jadi meskipun harga parkit Murah, Anda tidak bisa hanya memberi makan burung beo.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *