10 Penjelasan Singkat Hadits Menuntut Ilmu Seperti At-Tirmidzi

  • Bagikan

BYSNIS.COM – Kedudukan sains dalam agama dan sains adalah penting atau luhur. Banyak hadits menuntut ilmu. Dimulai dengan menuntut ilmu di tingkat pendidikan dan keagamaan.

Saatnya mengkaji hadis-hadis yang menuntut ilmu untuk evaluasi dalam kehidupan kita. Pencarian ilmu itu tertulis dalam Al-Qur’an dan hadits.

Hadits Menuntut Ilmu

Ilmu memiliki keutamaan yang tinggi bagi yang memilikinya. Salah satu ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang menuntut ilmu terdapat dalam Al-Qur’an surat Al mujadalah ayat 11.

Ayat 11 Al-Qur’an surat al-mujadalah menjelaskan bahwa orang yang beriman akan mendapatkan ruang dan tempat serta akan memiliki derajat yang tinggi. Tuhan sangat berhati-hati dengan siapa pun yang mencari ilmu dan orang itu akan memiliki derajat yang tinggi.

Dan Al-Qur’an banyak menjelaskan tentang mencari ilmu. Demikian pula, mintalah hadits shohih dan jelaskan tentang mencari ilmu.
hadits menuntut ilmu

Hadits tentang menuntut ilmu juga sangat banyak. Ada banyak Al-Qur’an dan hadits yang menjelaskan tentang pencarian ilmu. Di sini kita fokus pada hadits mencari ilmu sebagai inspirasi di jalan Allah.
Berikut beberapa contoh hadits tentang menuntut ilmu:

1. Wajib belajar sesuai HR. Ibnu Mayah no. 224

Hadits pertama menjelaskan bahwa mempelajari agama adalah kewajiban bagi setiap Muslim.

2. Doa sumber daya manusia yang menuntut ilmu yang bermanfaat. At-Tirmidzi no. 3599

Berdoalah untuk ilmu Allah yang sangat bermanfaat dan pelajari ilmu-Nya untuk ilmu yang bermanfaat.

3. Yang paling paham agama menurut HR Al-Bukhari no. 3353

Sebaik-baik zaman jahiliyah adalah kaum muslimin dan yang paling utama adalah kaum faqih. Sederhananya, Fatih adalah orang yang memahami aturan dan ajaran Islam.

4. Ilmu lebih utama dari sedekah menurut HR Ath-Thabrani nom 3111

Hadits menuntut agar ilmu ini menjelaskan tentang masa ini pada masa faqih dan sedikit dari pengkhotbahnya dan sedikit orang yang berdoa kepada Allah. Akan tiba saatnya ketika akan ada sedikit orang di pagi hari dan banyak pembicara. Maka ambillah kesempatan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya di masa sekarang.

5. Ilmu Jariyah menurut HR. Muslim no. 1631

Menurut hadits yang menuntut ilmu sejarah muslim nomor 1631, ada 3 hal yang mendapatkan pahala dan tidak akan kehilangan pahalanya. 3 hal tersebut adalah sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan memiliki anak yang sholeh dan selalu mendoakan orang tua.

6. Larangan bekerja tanpa sepengetahuan HR. At-Tirmidzi no. 2416

Menurut Umar bin Khattab, kita tidak bisa berbisnis dengan orang yang tidak paham agama. Jadi belajar agama untuk bekerja dan mendapatkan uang yang baik.

7. Tanggung jawab atas ilmu sesuai SDM. At-Tirmidzi no. 2416

Hadits ini menjelaskan ketika manusia akan ditanya pada hari kiamat 5 hal, yaitu: berapa banyak yang dibelanjakan orang tua, di masa mudanya apa yang dilakukan manusia, memperoleh kekayaan dari mana dan menyalurkan dari mana dan jika ilmu telah diamalkan.

8. Ilmu-ilmu penulisan hadis menurut HR. Ash-Shahihah no. 637 dan tidak. 2026

Berdasarkan hadits HR Ash-Shahihah no. 2026 menyuruh kita menyimpan ilmu dalam tulisan. Ikuti hadits untuk menuntut ilmu dengan menulis ilmu.

9. Cita-cita ilmiah menurut HR. Al-Hakim no. 312

Ada dua ambisi yang tidak pernah terpuaskan, yaitu ambisi ilmu dan ambisi dunia.

10. Hadist menuntut ilmu yang dicari sesuai dengan sumber daya manusia. Ath-Thabrani no. 2663

Ilmu hanya dapat diperoleh melalui belajar dan sopan santun berusaha sopan santun. Bagi siapa saja yang berlatih dengan kebaikan, maka dia dapat melindungi dirinya dari kejahatan.

Semoga kali ini, dengan memahami beberapa hadits yang menjelaskan tentang pencarian ilmu, kita dapat meningkatkan semangat kita dalam mencari ilmu di jalan Allah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *